Banyak Kerusakan Rumah di Ciamis Akibat Gempa, Pemkab Berlakukan Tanggap Darurat

Banyak Kerusakan Rumah di Ciamis Akibat Gempa, Pemkab Berlakukan Tanggap Darurat

Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin, saat berkunjung ke lokasi terdampak bencana di Desa Kertahayu Kecamatan Pamarican, Sabtu (16/12/2017). Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pemkab Ciamis dalam sepekan kedepan atau selama 7 hari memberlakukan masa tanggap dararut setelah gempa berkekuatan 6,9 SR yang berpusat di Kabupaten Tasikmalaya, yang terjadi pada Jum’at (15/12/2017) pukul 23.47 WIB, berdampak terhadap kerusakan sejumlah rumah warga di beberapa wilayah di Kabupaten Ciamis. Selain itu, akibat gempa itupun menyebabkan satu korban jiwa di Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis.   

Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin, saat berkunjung ke lokasi terdampak bencana di Desa Kertahayu Kecamatan Pamarican, Sabtu (16/12/2017), mengatakan, langkah itu diambil setelah pihaknya mendapat laporan bahwa hampir di seluruh wilayah Kabupaten Ciamis terkena dampak bencana gempa yang terjadi tadi malam.

“Dengan tanggap darurat ini sudah kami koordinasikan seluruh dinas terkait di Pemkab Ciamis hingga ke pemerintahan desa agar siap siaga melakukan pendataan kerusakan materil, data korban, memfasilitasi serta membantu kebutuhan korban bencana. Dengan begitu, penanganan pasca bencana di Ciamis bisa cepat teratasi,” ujarnya.

Iing mengatakan, kerusakan rumah di wilayah Kecamatan Pamarican akibat gempa tadi malam dikategorikan terparah dan jumlahnya pun terbanyak apabila dibandingkan dengan kecamatan lainnya di Kabupaten Ciamis. “Kalau korban jiwa memang terjadi di Kecamatan Sadananya, tetapi untuk tingkat kerusakan paling parah terjadi di wilayah Kecamatan Pamarican, terutama di Desa Kertahayu Dan Desa Sukahurip,” terangnya. (Suherman/R2/HR-Online)

Berita Terkait

Pemdes Kertahayu Ciamis Rilis Data Kerusakan Akibat Gempa

Akibat Gempa Tasik, 6 Rumah di Desa Kalapasawit Ciamis Rusak

Lagi, Akibat Gempa Sebuah Mushola di Pamarican Ciamis Ambruk

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles