Cara Agar Tubuh Tetap Sehat Setelah Begadang Semalaman

Ilustrasi. Foto : net/ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),-

Sebaiknya persiapkan diri Anda jika mempunyai pekerjaan, baik dari kantor atau tugas kuliah yang menuntut Anda harus begadang. Pasalnya, begadang jika dilakukan terus-menerus bukanlah hal yang baik untuk kesehatan.  

Salah satu edek negatif dari begadang diantaranya tubuh menjadi mudah cape atau lelah yang nantinya akan berakibat mudah jatuh sakit. Untuk itu, agar begadang tidak menimbulkan masalah bagi kesehatan, sebaiknya ikuti ulasan berikut ini.

# Atur Jadwal Tidur

Biasanya orang habis begadang mempunyai waktu tidur yang tidak teratur. Akibatnya, ritme biologis akan terganggu, sehingga akan mengakibatkan terjadinya ketidakseimbangan hormon. Ujung-ujungnya tubuh menjadi gampang terkena berbagai penyakit. Untuk itu, solusi agar begadang yang Anda lakukan tidak mengakibatkan masalah, sebaiknya atur pola atau jadwal tidur dengan konsisten dan benar.

Contohnya, saat pagi Anda tidur antara 3 sampai 4 jam, maka lanjutkan tidurnya pada siang hari, sampai total tidur Anda 6 sampai 8 jam satu hari.

# Makan Makanan yang Bergizi

Jangan sampai saat begadang perut Anda kosong tanpa diisi makanan sedikit pun. Apalagi hanya diisi minum berkafein dengan perut kosong maka itu tidak baik untuk kesehatan. Yang baik yaitu konsumsi makanan yang bergizi saat begadang, dan hindari makanan junkfood.

# Hindari Minuman Penambah Energi

Minuman penambah energi memang sangat bagus untuk membantu tubuh agar tetap fit atau terjaga. Namun, jika waktu sudah dini hari, sebaiknya hindari minuman energi tersebut, waktu tersebut merupakan saat tubuh melakukan detoksifikasi, sehingga akan menambah beban kerja ginjal.

Alangkah baiknya minum air putih saja, atau lebih bagus ditambah dengan sedikit madu untuk menambah energi dan menjaga vitalitas tubuh.

# Minum Vitamin

Sebagai gantinya dari minuman penambah energi, untuk menjaga daya tahan tubuh saat begadang, Anda bisa minum vitamin seperti vitamin C dan vitamin D.

# Rajin Olahraga

Dan yang terakhir adalah rajin berolahraga. Agar tubuh tetap sehat dan fit meski begadang semalaman usahakan luangkan waktu untuk berolahraga yang ringan seperti sit-up, push-up, atau bisa juga jogging.

Yang terpenting setelah begadang semalaman adalah tubuh terkena sinar matahari di pagi hari. Lakukan selama setengah sampai satu jam. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar