Catat! Malam Ini Bisa Melihat Fenomena Supermoon dengan Mata Telanjang

Catat! Malam Ini Bisa Melihat Fenomena Supermoon dengan Mata Telanjang

Fenomena supermoon saat disaksikan di London, Inggris, November 2016 lalu. Foto : dok.AFP PHOTO/Adrian DENNIS.

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Fenomena alam Supermoon akan kita saksikan pada Minggu (3/12/2017) malam. Supermoon adalah peristiwa bulan purnama yang bulan penuh-besar karena jaraknya sangat dekat dengan bumi.

Peristiwa bulan ukurannya lebih besar dari pada biasanya ini merupakan yang pertama kalinya di tahun 2017, dan akan jelas disaksikan di Indonesia pukul 22.46 WIB, dengan catatan cuaca di langit cerah.

Sebenarnya Supermoon di bulan Desember ini bukan yang pertama kali di tahun 2017. Akan tetapi, Supermoon kali ini bisa dilihat dengan mata telanjang, sedangkan 3 lainnya harus menggunakan alat khusus.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika di Padang Panjang, Sumatera Barat, seperti di kutip dari berbagai sumber, bulan purnama ini selain bisa dilihat Minggu (hari ini.red) juga bisa disaksikan Senin (4/12/2017) pukul 15.45 WIB. Pada hari itu, jarak bulan dekat dengan bumi yaitu 357.49 kilometer.

Sementara waktu yang sangat baik untuk melihat penampakan Supermoon, adalah beberapa menit sudah terbenamnya matahari. Pasalnya, efek optik atau ilusi bulan akan membuat supermoon akan tampak lebih cerah serta jauh lebih besar dari pada biasanya di waktu tersebut.

Jika Anda tidak sempat menyaksikan secara langsung fenomena alam itu tidak usah kecewa. Karena Supermoon akan hadir kembali di awal tahun depan, yaitu tanggal 2 dan 31 Januari 2018. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles