Girder Jembatan Ciputrapinggan Pangandaran Ambruk, Wabup Minta Masyarakat Tak Resah

Wakil Bupati Pangandaran, Adang Hadari

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- 

Wakil Bupati Pangandaran, Adang Hadari, meminta masyarakat tidak resah dan khawatir menyusul ambruknya dua kontruksi girder (batang balok beton jembatan) pada pengerjaan proyek pembangunan jembatan Ciputrapinggan Pangandaran. Pasalnya, masa kalender pengerjaan proyek hingga saat ini masih berjalan dan terkait ambruknya kontruksi girder masih bisa diganti dengan yang baru.    

Adang mengatakan, pihak yang mengerjakan kontruksi proyek jembatan tersebut adalah PT Wijaya Karya (WIKA) atau sebuah perusahaan BUMN yang bergerak di bidang kontruksi. “Makanya masyarakat tak perlu khawatir, karena pengerjaan kontruksi jembatan ini dikerjakan oleh perusahaan BUMN yang pastinya professional,” ujarnya, saat meninjau ke lokasi proyek pembangunan jembatan Ciputrapinggan, Sabtu (09/12/2017).

Namun demikian, Adang meminta progres pengerjaan proyek pembangunan jembatan Ciputrapinggan harus tuntas sesuai dengan waktu kontrak. “Kita percayakan saja sama PT WIKA agar segera memperbaiki dan pengerjaannya bisa selesai tepat waktu. Kami pun sudah meminta kepada pihak pelaksana agar kontruksi ginder yang baru segara didatangkan dan tidak menganggu progress pengerjaan proyek,” ujarnya.

Adang pun mengaku belum mengetahui penyebab ambruknya kontruksi ginder tersebut. Karena, menurutnya, proyek pembangunan jembatan Ciputrapinggan merupakan proyek APBN yang kewenangannya dipegang langsung oleh Kementerian PU dan Perumahan Rakyat. “Kami dari Pemkab Pangandaran hanya memfasilitasi saja. Terkait kewenangan semuanya ada di pihak kementerian,” ujarnya.

Adang mengatakan pihaknya sudah meminta bertemu dengan pihak PPK proyek dan perwakilan dari PT WIKA untuk mengetahui penyebab ambruknya kontruksi girder serta progress pengerjaan selanjutnya. “Kami akan tekanan kepada PPK dan PT WIKA agar kontruksi girder yang ambruk segera diganti dan jangan sampai menganggu target pengerjaan,” katanya.

Adang juga mengungkapkan, sebelum proyek pembangunan jembatan permanen rampung, pihaknya akan memperbaiki bantalan jembatan bailey (sementara) agar akses transportasi keluar masuk Pangandaran tidak terganggu.

“Kalau perbaikan jembatan bailey memang kewenangan kami. Makanya,  agar akses transportasi pada saat libur natal dan tahun baru berjalan lancar, kami sudah persiapkan untuk mengganti bantalan jembatan,” ujarnya. (Mad/R2/HR-Online)

Berita Terkait

Duh, Dua Girder Jembatan Ciputrapinggan Pangandaran Ambruk

Begini Kata Pengawas Kementrian PU Soal Ambruknya 2 Girder Jembatan Ciputrapinggan Pangandaran

Soal Ambruknya Girder Jembatan Ciputrapinggan Pangandaran, Iwan M Ridwan; Kontraktor Lalai

KOMENTAR ANDA

Komentar