Hebat! Compac Sulap Pasir Cabe Jadi Destinasi Wisata Baru di Banjar

Para pemuda Compac Desa Karyamukti saat melakukan bersih-bersih bukit Pasir Cabe. Foto: Istimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Communitas Pemuda Cigadung (Compac) Desa Karyamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, bertekad menjadikan bukit Pasir Cabe menjadi destinasi wisata baru, dengan menyuguhkan keindahan panorama alam.

Bukit Pasir Cabe atau Pasir Cabe Hill ini, selain memiliki ketinggian yang dapat melihat pemandangan kota Banjar, juga memiliki kawasan yang rindang dan sejuk. Tidak hanya itu, lokasi tersebut juga berdekatan dengan Situs Caringin dan Batu Tapak, yang telah terkenal menjadi tempat favorit warga untuk berlibur.

Sejumlah wisatawan luar daerah seperti Bandung, Jakarta dan luar jawa juga sebetulnya telah mengetahui keindahan kawasan Pasir Cabe Hill, namun, dahulu kondisi infrastruktur untuk menuju tempat tersebut sangatlah susah dijangkau.

“Untuk menghidupkan kembali wisata kesini, kami Compac akan menata ulang dan membangkitkan kembali Pasir Cabe dengan konsep Agrowisata dan keindahan pemandangannya,” kata Iwan Ketua Compac, kepada HR Selasa (05/12/2017) lalu.

Kegiatan dengan menata ulang Pasir Cabe dengan melakukan bersih-bersih di areal tersebut, dan melengkapi berbagai fasilitas, serta menggunggah kegiatan tersebut ke media sosial, menurut Iwan, mendapat respon dari berbagai kalangan.

“Terutama orang tua yang dahulu mengalami saat ramainya Pasir Cabe. Jadi, ini salah satu motivasi dan bentuk dukungan masyarakat untuk pengembangan pasir cabe,” imbuhnya.

Compac juga berharap langkah mereka tersebut mendapat dukungan dari pihak pemerintah desa dan pihak Pemkot Banjar melalui dinas pariwisata.

Kepala Desa Karyamukti, Ajat Sudrajat, mengapresiasi kegiatan para pemuda dalam berpartisipasi membangun desa, terutama di bidang pariwisata. Sebab, kekayaan alam serta potensi yang ada di Desa Karyamukti secara perlahan bisa dikembangkan.

“Ini tonggak perdana bagi kemajuan Desa Karyamukti yang dipelopori pemuda di bidang pariwisata. Mudah-mudahan para pemuda bisa lebih inovatif dalam pengembangan Pasir Cabe. Kita dari pemerintah sangat mendukung sekali,” tegas Ajat.

Tak hanya dukungan secara moril saja, kata Ajat, namun pengembangan Pasir Cabe sudah masuk dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP).

“Insya Alloh kita bantu kembangkan, jika masuk prioritas pembangunan. Pada intinya tahun 2018 kita belum ke arah situ, namun pengembangan Pasir Cabe sudah masuk di RKP,” pungkasnya. (Muhafid/HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar