Hindari Minum Kopi Saat Perut Kosong, Ini Risikonya

Ilustrasi. Foto : net/ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),-

Kafein yang ada di dalam kopi sangat dibutuhkan agar mata lebih melek, pikiran bisa lebih fokus serta menambah energi di dalam tubuh. Sehingga tidak sedikit orang yang meminum kopi di pagi hari bahkan sudah menjadi rutinitas sebelum berangkat bekerja.

Akan tetapi yang menjadi masalah saat minum kopi di pagi hari adalah perut dalam keadaan kosong. Dikutip dari thehealthsite.com, minum kopi dengan perut belum diisi makanan adalah ide buruk.

Kopi yang kita ketahui rasanya pahit, namun kopi juga ternyata mengandung asam. Sehingga apabila minum kopi perut dalam keadaan kosong maka bisa menambah kadar asam di lambung, yang mempunyai sifat korosif.

Nah, apabila sistem pencernaan termasuk yang sensitif, dampaknya lapisan perut akan rusak serta mengakibatkan gangguan pencernaan, seperti gangguan usus yang parah atau mules atau pusing.

Kafein yang ada dalam kopi berfungsi untuk mempercepat mengelurkan cairan di tubuh lewat kerja ginjal. Sehingga tidak aneh orang yang sangat suka akan kopi pasti akan sering ke kamar mandi untuk buang air. Hal tersebut menyebabkan tubuh tidak mempunyai waktu untuk menyerap mineral, seperti kalsium, magnesium, seng, dan mineral penting lainnya.

Bahayanya, jika magnesium dalam tubuh kurang bisa menimbuilkan deretan masalah kesehatan, diantaranya hipertensi, migrain, kerusakan gigi, dan osteoporosis.

Selain itu, bahaya lainnya adalah kecemasan, risiko iritabilitas dan meningkatkan denyut jantung.

Supaya minum kopi di pagi hari aman dan tidak membahayakan tubuh, sebaiknya minum air putih terlebih dulu satu gelas. Karena, air putih dapat meminimalisir kadar asam dalam perut, menurunkan racun yang menumpuk, dan tidak terjadi dehidrasi di tubuh. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA