Jalan Beton di Langensari Banjar Rusak, Besi Cor Menyeruak Keluar

Besi penahan sebagai tulang cor beton yang digunakan dalam pembangunan jalan di Dusun Sukarahayu, Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, tahun 2016 lalu, kini sudah terlihat menyeruak keluar. Photo: Nanang Supendi/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Jalan beton yang dibangun menggunakan anggaran APBD Kota Banjar tahun 2016 di Dusun Sukarahayu, RT.02/07, Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, kini kondisinya mengalami kerusakan parah yang dapat membahayakan pengguna jalan.

Pantaun HR Online di lokasi, jalan tersebut dibangun dengan kontruksi cor beton. Selain terdapat titik kerusakan akibat sering tergenang air, juga besi penahan sebagai tulang cor beton terlihat menyeruak keluar.

Kondisi kerusakan jalan seperti itu dikeluhan warga setempat karena bisa membahayakan pengguna jalan. “Kami khawatir melintasi jalan ini. Banyak cornya mengelupas, belum lagi besi cornya juga sudah menyeruak keluar,” kata Holil, salah seorang warga yang juga sebagai Ketua RW setempat, saat dijumpai HR Online, Jum’at (15/12/2017).

Menurut Holil, jika pengguna jalan tidak berhati-hati, besi cor yang menyeruak keluar itu akan mengenai kaki, atau ban motor maupun mobil bisa tertusuk saat melewatinya.

Sementara itu, Kadus Sukarahayu, Agus Wartono, menyayangkan kondisi jalan tersebut cepat rusak, padahal baru satu tahun lalu diperbaiki Dinas PU, karena memang jalan tersebut menjadi kewenangan Pemkot Banjar.

“Jalan itu bukan kewengan desa, melainkan bagian kewenangan kota yang memperbaikinya. Kondisi kerusakan ini sudah diketahu pemerintah desa, tinggal laporkan dan ajukan perbaikannya oleh desa ke kota,” ujarnya.

Menurut Agus, kontruksi jalan yang dibangun dengan cor beton bertulang sebagian besar sudah mengelupas yang diduga akibat campuran semen dan pasirnya tak seimbang. “Waktu itu saya lihat saat pengerjaan proyeknya, pasir yang digunakan banyak tanahnya. Jadi memang kualitas pasirnya jelek,” kata Agus.

Jika dinas terkait tidak segera memperbaikinya, maka bukan tak mungkin akan banyak menimbulkan kecelakaan. Warga pun berharap Pemkot Banjar segera turun tangan untuk memperbaiki jalan rusak dan berlubang, agar pengguna jalan merasa aman dan nyaman saat melintasinya. (Nanks/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar