Jangan Terlalu Lama Main Gim, Ini Bahayanya

Ilustrasi. Foto : net/ist.

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Bermain gim online baik di smartphone ataupun di komputer bukan hanya untuk mengisi waktu luang atau liburan, namun juga bisa menghasilkan uang. Meski bisa menjadikan hal positif, akan tetapi jika bermain terlalu lama malah akan berdampak negatif.

Sudah menjadi kebiasaan jika sudah senang maka lupa akan waktu termasuk bermain gim. Nah berikut ini dampak negatif jika bermain gim terlalu lama, seperti dikutip dari berbagai sumber.  

# Obesitas

Bermain gim dalam waktu yang lama membuat orang malas untuk bergerak. Untuk mengisi perutnya, biasanya sudah disiapkan cemilan atau minuman penambah energi atau lainnya. Nah jika terus ngemil atau makan tanpa bergerak sama sekali, maka bahaya obesitas akan mengintainya.

# Kecanduan

Bermain gim yang menghasilkan uang efek negatifnya yaitu kecanduan. Dia tidak akan atau susah berhenti main gim. Dari penelitian yang dilakukan di Iowa State University mengungkapkan bahwa sekitar 4-10 persen orang yang main gim dengan waktu normal juga dapat kecanduan gim.

# Kejang-Kejang

Untuk yang mempunyai penyakit epilepsi sebaiknya jangan terlalu lama bermain gim. Pasalnya, dari penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health, 27 dari 35 penderita epilepsi yang bermain gim terlalu lama mengalami kejang.

# Kerusakan Punggung di Bagian Bawah

Jika yang penderita epilepsi bermain gim terlalu lama bisa kejang-kejang, nah untuk yang lanjut usia bahayanya yaitu kerusakan pada punggung bawah. Akan tetapi bahaya kerusakan pada punggung bawah juga bisa mengintai usia berapa pun. Itu terbukti dari laporan European Spine Journal.

# Kebutaan

Dan yang terakhir paling parah yaitu kebutaan. Kejadian di bulan Oktober 2017, dimana Wu Xiaojing, seorang wanita asal Guangdong, Tiongkok, tiba-tiba buta gara-gara bermain gim di smartphone yaitu Honour of Kings, selama 24 jam tanpa henti.

Dari hasil pemeriksaan medis, Wu didiagnosa terkena oklusi retina mata kanan, sehingga Dia harus kehilangan penglihatan di bagian kanan dan belakangan. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar