Koleksi Buku Lokal Ciamis Masih Minim

Koleksi Buku Lokal Ciamis Masih Minim

Foto: Ilustrasi net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Ketersediaan koleksi buku lokal daerah Kabupaten Ciamis, baik terkait judul ataupun penulis, masih sangat minim di perpustakaan daerah. Sampai saat ini, koleksi buku lokal Ciamis diketahui tidak lebih dari lima belas judul.  

Pengunjung Perpustakaan Daerah Kabupaten Ciamis, Rian Aprilian (24), ketika ditemui Koran HR, Selasa (28/11/2017) lalu, mengaku sangat kesulitan mencari buku-buku tentang Kabupaten Ciamis, baik mengenai sejarah, budaya, tradisi, dan kepemimpinan daerah.

“Meski masih sangat minim, tapi saya masih terbantu karena ada sedikitnya 15 judul buku mengenai Ciamis, yang merupakan cetakan lokal dan sudah lama,” katanya.

Rian mengaku ingin mengetahui banyak tentang Kabupaten Ciamis, baik dari sisi sejarah, kepemimpinan atau bahkan budaya dan tradisi. Soalnya menurut dia hal itu berkaitan dengan peninggalan leluhur.

“Saya suka baca semua jenis buku dan ingin tahu juga segala sesuatu yang ada di Ciamis,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Rian mengaku sangat berharap pemerintah daerah mengalokasikan dana untuk mencetak buku-buku tentang Kabupaten Ciamis. Dengan begitu, masyarakat bisa mengetahui seluk beluk sejarah tentang Ciamis.

“Pemerintah juga perlu memberikan dukungan kepada penulis lokal untuk berani tampil agar membuat karya mengenai Ciamis,” katanya. 

Senada dengan itu, Yunia, pengajar di salah satu sekolah, ketika dimintai tanggannya, Selasa (28/11/2017) lalu, mengaku masih kesulitan mencari sumber bacaan dan bahan ajar mengenai budaya lokal Ciamis. 

“Kalaupun ada soal pelajaran muatan lokal (mulok), seringkali mengenai materi dari luar daerah,” katanya. (Heri/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles