Lakukan Ekplorasi Kawah Purba, Genpi Temukan Lava Unik di Cikupa Ciamis

Genpi Kabupaten Ciamis menemukan lokasi yang diduga kuat sebagai lava yang membentuk lempeng batu di lembah Gunung Sawal, tepatnya di Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis. Foto : Dokumentasi Matanagga/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Generasi Pesona Indonesia (Genpi) atau komunitas promosi wisata Kabupaten Ciamis menemukan lokasi yang diduga kuat sebagai lava yang membentuk lempeng batu di lembah Gunung Sawal, tepatnya di Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis.

Bidang Publikasi Genpi Ciamis, Nandi, ketika dihubungi Koran HR, Rabu (27/12/2017), mengungkapkan, penemuan lempengan batuan yang tersusun rapi itu berawal dari laporan sekelompok anak-anak Kawali yang berpetualang di lokasi tersebut.

Menindaklanjuti laporan itu, Nandi menuturkan, Genpi bersama mahasiswa geologi dan Dinas Pariwisata kemudian mengagendakan ekplorasi kawah purba dan mendatangi langsung lokasi.   

“Ekplorasi  ini kami laksanakan hari Minggu, 24 Desember 2017, sekitar Pukul 09.00 WIB. Kami kemudian melakukan perjalanan ke lokasi menggunakan sepeda motor dengan jarak tempuh 6-7 kilometer menuju Desa Cikupa,” katanya.

Lokasi tersebut, kata Nandi, bisa diakses lewat jalur utama Kawali, Talagasari dan Cikupa. Lantaran lokasinya berada di lembah kaki Gunung Sawal, Genpi bersama tim terpaksa menyusuri jalan setapak yang kondisinya menurun dan licin. 

Sesampainya di lokasi, Nandi menceritakan, tim disuguhi hamparan batuan dengan panjang mencapai 10 sampai 15 meter. Uniknya batuan itu tersusun rapih berlipat mirip kepingan batu yang tertutup akar pohon dan dedaunan.

“Untuk mengetahui lebih lanjut, sampel dokumentasi lempengan batu tersebut kemudian dibawa oleh mahasiswa geologi untuk diteliti,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Nandi berharap pemerintah daerah segera mengundang ahli geologi dan arkeologi untuk mengeksplorasi keberadaan batuan tersebut. Dia juga tidak menyangkal, keberadaan batuan tersebut bisa menjadi objek wisata di kemudian hari.

Sampai berita ini tayang, Koran HR belum mendapatkan keterangan resmi dari Dinas Pariwisata ataupun Pemerintah Kabupaten Ciamis terkait keberadaan lembah batu di wilayah Desa Cikupa, Lumbung tersebut. (Deni/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar