Pemdes Karangpaningal Ciamis Buka Lahan Buper & Kembangkan Wisata Alam GPIP

Pemdes Karangpaningal Ciamis Buka Lahan Buper & Kembangkan Wisata Alam GPIP

Bupati Ciamis saat mengunjungi destinasi wisata alam Gunung Padang Indah Permai (GPIP) yang berada di Blok Pangangonan, Desa Karangpaningal, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis. Photo: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dalam rangka peningkatan dan pembangunan di bidang infrastruktur, Pemerintah Desa Karangpaningal, Kecamatan Puwadadi, Kabupaten Ciamis, masih menggunakan anggaran Dana Desa (DD) tahap ke II tahun 2017 yang saat ini tengah dilaksanakan.

“Untuk anggaran DD tahap tahap ke dua kami telah mengalokasikan pada pembangunan TPT yang berlokasi  di Dusun Karangpaningal, Dusun Langen, dan Dusun Cigobang. Selain membangun TPT, DD tahap ke dua juga kami alokasikan untuk pembangnan jalan rabat beton yang ada di RT 24, di mana jalan tersebut sebagai penunjang akses pertanian warga Desa Karangpaningal, agar para petani lebih mudah menuju lokasi pertanian mereka,” terang Kepala Desa Karangpaningal, Widodo Sujatmiko, kepada Koran HR, Selasa (28/11/2017).

Selain fokus terhadap pembangunan yang bersumber dari anggaran DD, pihaknya juga kini tengah fokus untuk membuka lahan bumi perkemahan (buper) dan wisata alam Gunung Padang Indah Permai (GPIP) di atas bukit lahan HGP seluas 24 hektare, yang saat merupakan lahan aset milik Pemerintah Desa Karangpaningal.

“Insya Allah, saat ini kami akan fokus untuk menggarap pengembangan destinasi wisata alam serta bumi perkemahan, lokasinya di Blok Pangangonan, di mana GPIP saat ini sudah dibuka oleh Karang Taruna Desa Karangpaningal, bekerjasama dengan Karang Taruna Desa Pasirlawang,” katanya.

Pihaknya berharap, dengan dibukanya lahan wisata alam swafoto dan tempat perkemahan nantinya bisa meningkatkan PADes. Kini lahan tersebut mulai ditata dengan membuat area swafoto serta jalur trabas yang saat sudah sering digunakan. Pemerintah desa pun berharap adanya dukungan dari Pemerintah Kabupaten Ciamis, untuk ikut mengembangkan destinasi wisata alam sebagai tempat rekreasi dan hiburan masyarakat.

Widodo juga mengatakan, dari atas bukit GPIP, para pengunjung akan leluasa melihat keindahan panorama alam terbuka, mulai pandangan ke wilayah Kota Banjar, Banjarsari, Padaherang, dan Cilacap, Jawa Tengah.

Bahkan, jika cuacanya cerah, pengunjung bisa bebas memandang hamparan wilayah Kabupaten Cilacap, seperti halnya kawasan Pertamina yang terlihat sangat jelas. Selain itu, di atas bukit GPIP juga terdapat situs keramat yang harus dilestarikan. Di sekitar keramat tersebut terdapat sebuah danau kecil (situ) sebagai tanda kesuburan akan air.

“Jika nanti bumi perkemahan dibangun di sana, selain pemandangan alamnya yang indah, para peserta kemah pun tentu tidak akan kesulitan untuk mendapatkan air bersih,” kata Widodo.

Untuk itu, guna meningkatkan potensi wisata alam ini, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan Kwaran Purwadadi untuk mengenalkan lahan bumi perkemahan yang ada di wilayahnya.

“Belum lama ini Bupati Ciamis pun telah melihat ke lokasi. Harapan kami, mudah-mudahan dengan telah berkunjungnya Bapak Bupati Ciamis ke lokasi ini bisa mendorong serta menjadikan tempat ini sebagai lokasi wisata yang mampu menyerap PADes,” ungkapnya. (Suherman/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles