Pemdes Pasirlawang Ciamis Bangun Kantor Bumdes & Kembangkan Destinasi Wisata

Pemdes Pasirlawang Ciamis Bangun Kantor Bumdes & Kembangkan Destinasi Wisata

Kepala Desa Pasirlawang saat meninjau lokasi pembangunan TPT di Dusun Pasanggrahan. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dalam rangka pengembangan pembangunan dari anggaran Dana Desa (DD) tahap ke dua tahun 2017, Pemerintah Desa Pasirlawang, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, mengalokasikan anggaran untuk pembangunan kantor BUMDes Pantes Jaya yang berlokasi di samping Kantor Desa Pasirlawang.

Selain itu, Pemerintah Desa Pasirlawang juga mengalokasikan anggaran DD tahap ke dua untuk pembangunan Tembok Penahan Tebing (TPT) yang berlokasi di Dusun Pasanggrahan, dengan volume 205,9 meter kubik.

“Untuk DD tahap ke dua, saat ini kami mengalokasikan anggarannya untuk dua jenis kegiatan, yaitu pembangunan kantor Bumdes serta pembangunan TPT jalan yang selalu menjadi daerah rawan kecelakaan. Insya Allah, untuk semua jenis kegiatan yang bersumber dari DD tahun 2017 ini akan selesai sebelum habis tanggal akhir tahun,” terang Kepala Desa Pasirlawang, Taryono Ano Aryanto, kepada Koran HR, Selasa (28/11/2017) lalu.

Selain tengah menyelesaikan beberapa pembangunan yang dibiayai dari anggaran DD tahap ke dua, Pemerintah Desa Pasirlawang juga fokus terhadap pengembangan destinasi wisata GPIP yang saat ini tengah digarap secara kerjasama antara pihaknya dengan Pemerintah Desa Karangpaningal.

Taryono menyebutkan, meski lokasi tempat wisata alam itu diyakini milik Desa Karangpaningal sebagai desa induk, namun secara geografis peta desa, lokasi GPIP itu lokasinya berada di Desa Pasirlawang.

“Makanya kami juga ikut andil dalam upaya pengembangannya. Bahkan, saat ini yang tengah mengembangkannya adalah anak-anak Karang Taruna dari Desa Pasirlawang. Namun, mengingat tempat ini salah satu potensi alam yang bisa dijadikan sumber PAD Desa, maka tidak ada salahnya kita lakukan kerjasama demi meningkatkan sumberdaya alam yang harus dikembangkan. Mudah-mudahan harapan kami, Pemkab Ciamis juga ikut andil, karena pemkab saat ini tengah menggali potensi wisata yang bisa untuk dikembangkan,” pungkasnya. (Suherman/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles