(Pilkada Banjar) LSI Deny JA; Ade Uu Sukaesih Unggul Telak dari Semua Kandidat

(Pilkada Banjar) LSI Deny JA; Ade Uu Sukaesih Unggul Telak dari Semua Kandidat

Elektabilitas Hj. Ade Uu Sukaesih unggul telak dari 18 nama calon Walikota Banjar berdasarkan hasil survei LSI Network/Deny JA. Foto: Istimewa untuk HR Online.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Lembaga survei ternama di Indonesia yaitu Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Network/Deny JA, telah melansir siaran Pers pada Selasa 12 Desember 2017, yang menyatakan jika Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kota Banjar diselenggarakan Juni 2018 mendatang, Ade Uu Sukaesih sangat potensial menang telak.

“Bahkan dengan bekal elektabilitas diatas 50%, kandidat yang diusung partai Golkar itu, berpasangan dengan Nana Suryana dari PDIP, sudah masuk dalam kategori perkasa dan matahari tunggal,” tulis Toto Izul Fatah, Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Deny JA/Peneliti Senior, dalam siaran Pers kepada koran HR, Selasa (12/12/2017).

Demikian analisis hasil survei yang dilakukan  LSI Denny JA, tentang preferensi pemilih warga kota Banjar pada Pilkada Juni 2018 mendatang.  Survei ini dilakukan  dengan menggunakan metodologi standar, multistage random sampling,  melalui wawancara tatap muka terhadap 440 responden dengan margin of error 4,8%. Adapun pengambilan data lapangan dilakukan  pada 21– 29  November 2017.

Dalam berbagai simulasi, baik perorangan maupun pasangan, Ade Uu selalu konsisten mengungguli jauh semua kandidat. Untuk  simulasi perorangan  18 calon, Ade  Uu cukup perkasa  dengan 55,8%.  Sementara dibawahnya ada Maman Suryaman 12,0%, Darmadji Prawirasetia 5,8%,  Irma Bastaman dan Abdurauf sama-sama 3.3%, Yayat Supriyatna 3,0%, yang lainnya dibawah  3%.

Posisi Ade Uu makin perkasa pada simulasi yang makin dikerucutkan menjadi lebih sedikit lagi.  Misalnya simulasi 10 calon, Ade Uu (57%), semenatara pada  enam calon unggul sebesar (58%), dan pada simulasi tiga calon menjadi lebih tinggi lagi (63.5%).  Apalagi dalam dalam simulasi head to head perorangan, Ade Uu bisa tembus  70%.

Begitu juga dalam simulasi pasangan, mulai dari  dua pasang sampai empat pasangan, Ade Uu –Nana Suryana konsisten diatas 50%. Keunggulan Ade Uu  juga tergambar dari dukungan yang merata di semua segmen demografis, mulai dari suku, agama, usia, tingkat pendidikan, pekerjaan, penghasilan, pilihan partai, Ormas dan wilayah/kecamatan.  Tak ada kandidat lain di semua segmen itu yang bisa mengimbangi dukungannya.

Dari data survey yang seperti itu, serta dari pengalaman LSI melakukan lebih dari 1000 kali survei,  posisi elektabilitas  yang perkasa seperti Ade Uu itu sulit untuk dikalahkan.(R1/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles