Realisasi DD Tahap II, Pemdes Kutawaringin Ciamis Fokus Rampungkan Pembangunan Fisik

Realisasi DD Tahap II, Pemdes Kutawaringin Ciamis Fokus Rampungkan Pembangunan Fisik

Salah satu pembangunan fisik yang bersumber dari DD tahap II TA 2017. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com)

Di akhir tahun 2017, Pemerintah Desa Kutawaringin, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, tengah merampungan berbagai kegiatan pembangunan infrastruktur fisik yang didanai dari anggaran dana desa (DD) tahap kedua. Dari semua anggaran yang masuk di tahun 2017, pembangunan infrastruktur fisik tinggal menyisakan sekitar 30 persen pekerjaan.

Sekretaris Desa Kutawaringin, Engkas Sunardi, ketika ditemui Koran HR, Selasa (05/12/2017) lalu, menuturkan, pembangunan infrastruktur fisik di Desa Kutawaringin yang didanai DD tahap kedua sudah hampir selesai.  

Menurut Engkas, kesuksesan pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Desa Kutawaringin tidak terlepas dari dukungan semua pihak, termasuk antusiasme masyarakat dalam menyambut pembangunan yang berkaitan dengan peningkatan ekonomi.

“Alhamdulillah, berkat kerjasama antara pemerintah desa dengan masyarakat, pembangunan di desa kami bisa berjalan dengan lancar sesuai harapan. Harapan kedepan tentunya kami kembali melaksanakan amanah sesuai aturan perundang-undangan serta menjunjung tinggi kerukunan serta kebersamaan,” katanya.

Lebih lanjut Engkas mengungkapkan, pembangunan jangka panjang yang akan dilaksanakan di tahun 2018 masih akan fokuskan pada kegiatan pembangunan serta peningkatan sarana infrastruktur penunjang perekonomian masyarakat.

“Untuk tahun 2018 mendatang, anggaran Dana Desa akan kita realisasikan untuk pembangunan sarana infrastruktrur jalan yang ada di tiga dusun. Diantaranya seperti pembangunan rabat beton di Dusun Buniasih, TPT lanjutan di RT 04 yang menghubungkan Dusun Neglasari serta TPT di RT 05,” katanya.

Sedangkan di wilayah Dusun Neglasari, Engkas menambahkan, akan dialokasikan untuk pembangunan rabat beton jalan buntit, rabat beton jalan lingkungan RT 05. Sedangkan di Dusun Sukamaju, ada tiga titik sasaran pembangunan yaitu TPT jalan Cibeureum, rabat beton jalan apong, dan TPT jalan masjid.

Kepala Desa Kutawaringin, Slamet Bahtiar, kepada Koran HR, Selasa (05/12/2017) mengatakan, untuk alokasi DD tahun 2018 yang akan datang, selain fokus terhadap pembangunan infrastruktur, pihaknya juga akan menganggarkan dana untuk penambahan modal BUMDes.

“Untuk meningkatkan serta memudahkan kebutuhan ekonomi masyarakat, kami memandang sangat dibutuhkannya penambahan modal BUMDes. Dalam hal ini, Bumdes Kutawaringin akan membuka usaha penyaluran gas elpiji,” katanya. (Suherman/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles