Realisasi DD Tahap Kedua, Pemdes Pangkalan Pangandaran Minta Partisipasi Masyarakat

Realisasi DD Tahap Kedua, Pemdes Pangkalan Pangandaran Minta Partisipasi Masyarakat

Kepala Desa Pangkalan saat melihat proses pembangunan irigasi. Foto: Aceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Pemerintah Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran merealisasikan sejumlah pekerjaan di Tahun Anggaran (TA) 2017 ke berbagai kegiatan.

Kepala Desa Pangkalan, Ukar Heryadi, mengatakan, khusus kegiatan yang bersumber dari dari Dana Desa (DD) tahap kedua, pihaknya merealisasikan pembangunan di 6 titik, yakni Dusun Cibatu berupa Tembok Penahan Tebing (TPT) sebesar Rp. 104 juta, 2 titik di Dusun Pangkalan untuk irigasi di Caringin sebesar Rp. 44 juta dan di Pasanggrahan sebesar Rp. 60 juta.

“Selain itu, di Dusun Citarunggang sebanyak 3 titik, yakni pengerasan Jalan Paawian dengan anggaran sebesar Rp. 45 juta, pengerasan Jalan Sanusi dengan anggaran Rp. 42 juta dan pembangunan Irigasi Cigadog dengan anggaran Rp. 16.964.000,” terangnya kepada Koran HR, Selasa (28/11/2017) lalu.

Ia menjelaskan, bahwa realisasi DD tersebut di antaranya masih berlangsung dikerjakan. Guna memantau dan memastikan bahwa proses pengerjaannya sesuai dengan RAB, pihaknya meminta semua pihak ikut berperan aktif dalam pengawasan proses pembangunan.

“Kita ingin semua pihak ikut berperan aktif mengawasi proses pembangunan ini agar semua berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan,” imbuhnya.

Dengan keterlibatan berbagai pihak, termasuk unsur masyarakat, lanjut Ukar, diharapkan tidak ada lagi kecurigaan atau ketidakpuasan terhadap hasil pembangunan. Sebab, saat proses pembangunan berjalan bisa langsung diusulkan atau ditegur.

Sementara itu, Deden Hidayat, Bendahara Desa Pangkalan, menyebutkan, bahwa realisasi DD tahap kedua tersebut sudah sesuai sebagaimana usulan masyarakat melalui Musyawarah Dusun (Musdus). Jadi, untuk daerah yang belum mendapatkan pembangunan di tahun ini dapat diusulkan tahun berikutnya.

“Kita mengharapkan sekali partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan di Desa Pangkalan. Hal ini agar semua bisa merasakan pembangunan yang digulirkan pemerintah,” pungkasnya. (Aceng/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles