SDN 1 Jelat Ciamis Fokus Realisasikan Gerakan Literasi Sekolah

SDN 1 Jelat Ciamis Fokus Realisasikan Gerakan Literasi Sekolah

Foto: Ilustrasi net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Jelat  Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, intens dalam meningkatkan literasi peserta didik. Hal itu dilakukan guna memacu minat baca serta wawasan peserta didik.

Guru Kelas VI SDN 1 Jelat, Nanan Sujana, S.Pd, ketika ditemui Koran HR beberapa waktu lalu, membenarkan, pihak sekolah fokus merealisasikan gerakan literasi. Upaya itu merupakan bagian dari peningkatan pemahaman peserta didik dengan fasilitas buku yang ada di sekolah.

Nanan mengatakan, program literasi sekolah merupakan program yang bertujuan meningkatkan tingkat literasi dan membangun budaya membaca dan mengedepankan kebutuhan peserta didik.

“Dengan begitu, siswa bukan lagi tertarik membaca, tetapi bisa memahami bahkan mengambil nilai-nilai yang terkandung di dalamnya,” katanya.

Nanan menegaskan, pihak sekolah ingin lebih meningkatakan gerakan literasi sekolah dan menjadi rutinitas bagi peserta didik, termasuk saat berada di rumah. Sebab, peningkatan minat baca di sekolah dapat dilakukan oleh seluruh warga sekolah.

“Minat baca yang tinggi akan berbanding lurus dengan dampak yang dihasilkan dari aktifitas membaca. Membaca bisa menjadi jendela dunia bagi peserta didik,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Risna Dwirahayu, mengatakan, pihak sekolah memiliki keinginan agar peserta didik gemar membaca. Karena dengan membaca, peserta didik bisa mendapatkan apa yang mereka cari dan ingin diketahui.

“Kepala sekolah sering menginstruksikan kepada semua guru agar memotivasi siswa, dengan cara meluangkan waktu untuk membaca buku selama 15 menit sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung,” katanya.

Diakui Risna, kegiatan membaca buku selama 15 menit sebelum kegiatan pembelajaran tersebut sangat efektif untuk meningkatkan minat baca peserta didik. (Heri/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles