Tren Medsos Ini Diprediksi Akan Booming di Tahun 2018

Hand holding a Social Media 3d Sphere sign on white background.

Ilustrasi. Foto : net/ist.

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Media sosial (medsos) saat ini sudah menjadi bagian yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya, dengan adanya medsos, masyarakat akan begitu cepat dan mudah dalam memperoleh akses informasi.

Sebagai contoh Facebook yang lebih dulu terkenal ketimbang Twitter atau Instagram dan lainnya, mempunyai fungsi sebagai wadah berkomunikasi dan berbagai informasi. Sementara Twitter sebagai wadah untuk beropini dan Instagram untuk mengekspresikan diri melalui foto dan video.

Sehingga tidak salah jika dari Facebook sampai Instagram mengklaim dirinya sebagai platform medsos terbesar di dunia saat ini, karena tidak sedikit penduduk di dunia ini yang memakai jasa mereka.

Yang menjadi pertanyaan apakah ketiganya yang kini ‘merajai’ medsos akan bertahan atau bahkan tengggelam di tahun 2018 nanti? Dikutip dari Plannthat  berikut ini tren medsos yang diprediksi akan booming di 2018.

# Instagram Stories

Sampai saat ini tercatat lebih dari 45 juta masyarakat Indonesia yang memakai aplikasi Instagram. Dan sampai Juli 2017, ada 22 juta pengguna di Indonesia yang memakai layanan Instagram Stories.

Sehingga tidak salah jika di 2018 nanti, Instagram Stories akan menjadi kebutuhan sehari-hari yaitu dengan share momen baik foto maupun video pribadi atau informasi. Oleh karena itu tren masyarakat seperti itu akan menempatkan Instagram Stories yang akan menguasai demand pengguna.

# Live Streaming

Live streaming  di medsos sudah ada sejak dua tahun lalu. Medsos yang ada live streaming  diantaranya Facebook, Twitter sampai Instagram. Live streaming  di medsos akan semakin booming di tahun 2018, karena didukung oleh smartphone yang sudah canggih, serta layanan internet cepat berbasis 4G. Dengan bekal teknologi yang semakin canggih, orang pun akan dengan mudah melakukan live streaming, kapan pun dan di mana pun tidak akan menjadi kendala.

# Evolusi dari Twitter

Di tahun 2016 sampai awal tahun 2017, pengguna Twitter di dunia sempat menurun. Namun seiring dengan adanya perubahan atau gebrakan yang dilakukan oleh Twitter lewat fitur barunya, maka di tahun 2018 nanti medsos microblogging ini akan kembali bangkit.

Perubahan atau evolusi yang dilakukan Twitter salah satunya dengan memasang fitur cuitan sampai 280 karakter. Pasalnya, cuitan sebelumnya yang karakter dibatasi itulah yang membuat Twitter semakin ditinggal pengguna setianya.

# Augmented Reality Mendominasi

Dirangkum dari augment.com, augmented reality (AR) ialah teknologi yang menggabungkan benda maya 2 dimensi dan ataupun 3 dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi.

Dan medsos yang sudah memasang teknologi AR diantaranya Snapchat dan facebook. Untuk Snapchat ada fitur World Lens yang berfungsi untuk memodifikasi foto hasil jepretan kamera ponsel dengan berbagai efek visual.

Sementara Facebook menambahkan di layanan Messenger-nya. Sama seperti Snapchat, efek AR di Facebook Messenger juga bisa memodifikasi foto atau video dengan menambahkan objek-objek realistis atau animasi menarik lainnya. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar