Banyak Penampakan Makhluk Halus & Suara-suara Aneh, Kantor Dispora Banjar Angker

Gedung Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Banjar ini dikenal angker karena sering terlihat penampakan makhluk halus. Photo: Hermanto/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Gedung Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Banjar yang terletak di Jalan Siliwangi, tepatnya di Lingkungan Cikadu, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, dikenal angker.

Menurut beberapa warga setempat dan pegawai dinas tersebut, bahwa di gedung bekas Kantor Transmigrasi itu kerap terlihat ada penampakan makhluk halus berwujud wanita berbaju putih dan berambut panjang. Selain itu, ada pula yang sering melihat sosok makhluk halus berwujud anak kecil.

Seperti yang diungapkan Ipin, seorang penjaga Kantor Dispora Banjar. Jika sedang piket malam, ia mengaku kerap melihat sosok perempuan berbaju putih dan berambut panjang. Namun menurutnya, hal itu sudah tidak aneh bagi dirinya.

“Sering melihat penampakan di sini, biasanya diruang Bagian Pemuda atau di kamar mandi. Kalau sosok makhluk halus berwujud anak kecil sering terlihat diruang Bagian Pariwisata,” ujarnya, kepada Koran HR, Senin (08/01/2018).

Selain penampakan, lanjut Ipin, sering pula terdengar suara-suara aneh, seperti suara orang sedang mandi. Namun bila dilihat ke sumber suara tidak ada apa-apa. Meski kejadian aneh sering terjadi, tapi tidak mengganggu aktifitasnya sebagai penjaga kantor.

Kepala Bidang Pariwisata Dispora Kota Banjar, Bambang, membenarkan tentang hal itu. Ia menceritakan saat dirinya menjabat Plt. Kadispora, di mana waktu itu hari sudah sore atau menjelang jam pulang kantor, dirinya sedang berada di ruangan Kepala Dinas. Ketika berada di ruangan tersebut, ia kerap mendengar seperti orang yang mengetuk pintu, namun pada saat dibuka ternyata tidak ada siapa-siapa.

“Semenjak itu, saya putuskan meja maupun kursi untuk dipindahkan kembali ke ruangan Kabid Pariwisata, dan selama menjadi Plt., menempati ruang kepala dinas hanya dua hari saja,” ujar Bambang, sambil tertawa.

Di tempat terpisah, Pariman (52), salah seorang warga, mengatakan, masyarakat setempat memang menganggap gedung Kantor Dispora merupakan tempat yang angker. Menurut Pariman, kantor tersebut merupakan pintu gerbang bagi makhluk-makhluk halus yang menuju ke istananya di Gunung Babakan hingga Situ Mustika.

“Pasti angker, karena tepat di Kantor Dispora yang dulunya Kantor Transmigrasi itu merupakan pintu gerbang bagi bangsa lelembut menuju istananya. Makanya sudah tidak aneh kalau banyak dihuni makhluk halus,” tutur Pariman.

Hal serupa diungkapkan warga lainnya, Dede (49). Meski  belum pernah mengalami kejadian aneh, namun dirinya sudah mendengar cerita dari masyarakat yang mempunyai pengalaman berkaitan dengan anggapan keangkeran tempat tersebut.

“Dulu saya sering mendengar banyak cerita mistis dari pegawai yang pernah berkantor disini, seperti ada penampakan makhluk halus dan lain-lain,” ujar Dede.

Menanggapi hal itu, Pimpinan Pondok Pesantren Al Barokah, Ustadz Dadang Darisman, mengatakan, masalah makhluk halus yang sering gentayangan di Kantor Dispora itu adalah Jin, bukan arwah orang  yang sudah mati.

Karena, setelah seorang manusia meninggal dunia, jasadnya mati dan ruhnya berada di alam barzah. Jadi, tidak ada manusia yang sudah meninggal kembali ke alam dunia dengan berubah jadi hantu dan menakut-nakuti manusia.

“Makhluk ghaib yang menakut-nakuti manusia adalah Jin. Jin merupakan makhluk ciptaan Allah, yang diciptakan sendiri dan bukan perubahan dari makhluk lain. Ia dapat berubah wujud dengan bentuk apa saja selain wujud aslinya dengan seizin Allah. Wujud aslinya pun cukup menyeramkan. Jin bohong pada manusia dengan mengatakan ia adalah ruh dari sesorang yang telah meninggal,” terang Ustadz Dadang, saat ditemui Koran HR di Pondoknya, Senin (09/01/2018).

Makhluk halus dalam pandangan Islam yang sering terjadi penampakan itu adalah Jin. Syetan adalah sifat jahat yang ada pada manusia maupun Jin. Jin yang dirasuki sifat syetan pasti selalu menggoda manusia untuk senantiasa sesat atau keluar dari ajaran Islam yang sebenarnya.

“Jadi, kepada manusia janganlah takut karena semua itu hanyalah Jin, tidak ada manusia yang sudah mati langsung jadi makhluk halus atau hantu, sama juga dengan yang disebut Kuntilanak. Kuntilanak adalah jelmaan dari Jin yang bernama Umi Sibyan, ia sangat menyukai bau amis darah, biasanya ia suka bau amis darah yang habis melahirkan,” pungkasnya. (Hermanto/Koran HR)

KOMENTAR ANDA