Cerita “Harta Karun” di Rumah Tua Peninggalan Belanda di Ciamis

Foto: Ilustrasi net/ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com), –

Rumah tua peninggalan zaman Belanda yang masih berdiri kokoh di Pasirbokor, Dusun Tamansari, Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, diyakini warga menyimpan cerita mistis.

Informasi yang berhasil dihimpun Koran HR dari keterangan warga, banyak orang yang percaya terhadap hal-hal ghaib sengaja mendatangi rumah tua tersebut untuk bertapa dan mencari kekayaan duniawi.

Kusnadi, tokoh masyarakat setempat, ketika ditemui Koran HR, Selasa (09/01/2018), membenarkan, banyak orang datang ke rumah tua tersebut dengan tujuan mencari sesuatu yang diyakini membuatnya kaya raya.

“Sejak dulu hingga saat ini masih saja ada orang yang datang ke rumah tua, mereka biasanya bertapa di lokasi yang terkenal angker ini,” katanya.

Menurut Kusnadi, selama ini selain sering melihat penampakan, warga juga kerap mendengar suara-suara aneh dari arah rumah peninggalan zaman Belanda tersebut. Tidak heran jika warga mencap rumah tua itu angker dan berhantu.

“Jika malam hari, warga sering mendengar suara-suara aneh seperti raungan hewan sampai suara orang sedang berbincang, sehingga rumah tua itu terkesan kuat dengan aroma ghaibnya,” terangnya.

Senada dengan itu, Satia Winata, ketika dimintai keterangan, menjelaskan, rumah tua itu sudah berdiri sejak zaman Belanda. Rumah tersebut merupakan milik orang Belanda yang kemudian beralih kepemilikan kepada pribumi.

“Kebetulan rumah itu peninggalan nenek moyang saya. Saya adalah salah satu keturunan dari pemilik rumah. Tapi secara sejarah rincinya saya kurang begitu tahu. Hanya saja memang di lokasi rumah itu banyak tersimpan cerita mistiknya, sampai-sampai keluarga kami tidak berani membongkarnya,” katanya.

Satia mengungkapkan, rumah tua tersebut awalnya memiliki dua lantai. Namun oleh nenek moyangnya, bagian lantai bawah ditimbun tanah, sehingga yang terlihat hanya satu lantai, yaitu lantai atas.

Menurut Satia, rumah tua itu belakangan memang sering didatangi orang untuk bertapa. Dia mengaku tidak tahu apa sebenarnya tujuan orang-orang tersebut. Namun menurut cerita, di rumah tua itu terdapat harta karun, salah saatunya berupa bokor emas.

“Mungkin orang yang datang tujuannya mencari bokor emas,” katanya. (Suherman/Koran HR)

KOMENTAR ANDA