Cuaca Belum Stabil, Petani Terdampak Banjir di Pangandaran Masih Enggan ke Sawah

05/01/2018
Cuaca Belum Stabil, Petani Terdampak Banjir di Pangandaran Masih Enggan ke Sawah

Kondisi sawah yang sebelumnya terdampak banjir. Foto: Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Intensitas hujan yang kian menurun, banjir yang melanda areal pesawahan di Blok Liposos dan Beubedilan di Kabupaten Pangandaran terpantau suda surut. Namun, kondisi tersebut justru belum dimanfaatkan para petani untuk menggarap sawah mereka.

Dadang Sungada, salah satu petani, mengatakan, dirinya bersama petani lainnya masih enggan untuk ke sawah lantaran kondisi cuaca saat ini masih belum menentu. Karena itu, ia lebih memilih waktu yang tepat untuk bercocok tanam.

“Kita masih menunggu waktu yang pas saja. Soalnya kalau langsung tanam saja kan repot, apalagi sekarang kondisi cuacanya belum stabil. Kita takut sudah menanam malah banjir lagi karena hujan dan kiriman air,” katanya kepada HR Online, Kamis (04/01/2018).

Hal senada juga diungkapkan Yudi, petani asal Kalipucang. Menurutnya, kondisi tanaman yang sebelumnya ditanam sudah rusak dan mati akibat banjir. Maka dari itu, ia memilih untuk tidak menggarap sawah dari pada berpspekulasi yang berujung sawahnya kebanjiran lagi.

“Saya tidak mau rugi karena salah langkah. Nanti kalau cuaca benar-benar normal, baru kita memberanikan menanam kembali di sawah,” pungkasnya. (Ntang/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles