Dampak Kebijakan Menteri Susi, Penghasilan Nelayan di Pangandaran Meningkat

17/01/2018
Dampak Kebijakan Menteri Susi, Penghasilan Nelayan di Pangandaran Meningkat

Deretan kapal nelayan Pangandaran yang ditambatkan di pantai. Foto: Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti dalam memberantas ilegal fishing di Indonesia dari kapal-kapal asing bedampak positif terhadap hasil tangkapan nelayan di Indonesia, termasuk para nelayan di Pangandaran.

Kiswanto, salah satu nelayan, mengatakan, sebagai nelayan yang mencari penghidupan di tengah laut saat kondisi cuaca stabil, sangat merasakan dampak baik kebijakan dari Menteri asal Pangandaran itu. Bahkan, saat ini hasil tangkapannya bisa mencapai sekitar 20 hingga 30 persen.

“Kapal-kapal besar milik asing kan setiap menangkap ikan itu dengan skala besar. Jadi, setelah adanya kebijakan itu, hasil tangkapan ikan nelayan Indonesia bisa meningkat meski tidak sedikit yang mengkritik kebijakan itu,” kata Kiswanto kepada HR Online, Rabu (17/01/2018).

Engkus, nelayan lainnya, juga mengatakan hal serupa. Menurutnya, kebijakan Menteri Susi tersebut jangan sampai terhenti. Sebab, para nelayan sangat mendukung langkah-langkahnya yang pro nelayan demi memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Jangan sampai Bu Susi goyah dengan kirtikan-kritikan yang saat ini sedang menerpa beliau. Kita sebagai nelayan kecil tentu sangat berharap taraf kehidupan yang layak sangat dinanti, apalagi jika ada bantuan dari Kementrian khusus para nelayan, kami sangat menerimanya demi kelangsungan usaha mencari ikan di laut,” pungkasnya. (Ntang/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles