Dijual Ratusan Juta Rupiah, Ini Bentuk Mouse Pertama di Dunia

Bentuk mouse pertama di dunia buatan Douglas Engelbart di tahun 1960. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Mouse menjadi salah satu perangkat yang sangat penting di komputer baik PC maupun laptop. Tanpa mouse, pengguna komputer akan kesulitan untuk mengoperasikan perangkat komputer.

Mouse yang dipakai saat ini kebanyakan dibikin dari fiber atau plastik. Berkat kemajuan teknologi, dulu mouse harus menggunakan kabel yang dihubungkan ke komputer, namun saat ini bisa lewat koneksi Bluetooth. Harganya pun bervariasi, mulai dari yang murah sekitar Rp 45 ribu, sampai jutaan yang biasanya dipakai oleh para pecandu game.

Walapun sudah tidak asing dengan mouse ini, namun apakah Anda tahu siapa penemu dan seperti apa bentuk pertama dari mouse?.

Dikutip dari berbagai sumber, mouse pertama kali dibuat oleh peneliti dari Lembaga Riset Stanford, Douglas Engelbart di tahun 1960. Dan mouse-nya pun tidak terbuat dari fiber atau plastik, melainkan dari kayu.   

Bagian mouse generasi pertama ini terdiri dari cangkang kayu, dan di dalamnya ada dua buah bola yang terbuat dari logam dengan bentuk bergerigi. Sementara untuk mengkoneksikan ke komputer menggunakan kabel.

Bagian lainnya, lampu dengan warna merah. Jika lampu tersebut menyala, berarti mouse sudah tersambung ke komputer. Namun, mouse buatan Engelbart ini tidak ada satupun tombol baik di kiri atau kanan. Dan untuk memberikan perintah kemungkinan masih lewat keyboard.

Menurut informasi dari Tech Spot, mouse bikinan Engelbart ini mulai dikembangkan Xerox di tahun 1972, sebelumnya di tahun 1970 mouse tersebut dihak patenkan. Selanjutnya, mouse mulai diproduksi untuk komersial di tahun 1981.

Karena harga jualnya mahal yaitu 20.000 dollar AS atau jika dirupiahkan kurs sekarang kurang lebih Rp 268 juta, maka penjualan “tetikus” generasi pertama ini kurang laku di pasaran.

Akhirnya di tahun 80-an, beberapa perusahaan mulai mengembangkan atau melakukan inovasi agar mouse bisa laku di pasaran dengan harga jual yang terjangkau. Seperti yang dilakukan oleh Apple yang merubah bentuk mouse, diantaranya plat besi diganti dengan encoder roda optik sehingga mouse bisa bebas bergerak.  

Inovasi lainnya dari Apple yaitu ada satu tombol di mouse, yang tujuannya untuk memudahkan pemakai memberikan perintah di komputer. Dari situlah mouse mulai terkenal dan populer di masyarakat. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA