Duh, Cari Duit di Youtube Makin Susah

Foto: Ilustrasi net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Setelah memberlakukan beberapa kebijakan untuk memperketat pengguna mendapatkan pundi-pundi uang dari Youtube, kini Youtube kembali membuat para penggunanya harus berpikir keras setelah merubah kebijakan Program Partner YouTube (YPP).

Melaui pengumuman yang dikeluarkan Youtube, pihaknya berkomitmen untuk menjadikan YPP lebih terbuka bagi sebanyak mungkin channel. Tak hanya itu, Youtube juga menyadari bahwa perlunya keamanan dalam rangka melindungi pendapatan para kreator di seluruh ekosistem Youtube.

Dalam regulasi terbaru tersebut, Youtube mengharuskan kreator memenuhi syarat untuk ikut program monetisasi dengan standar minimum baru, yaitu 4 ribu jam waktu tonton dalam 12 bulan dan 1 ribu subscriber.

Kebijakan baru Youtube ini, bukan hanya berlaku bagi pengguna baru, namun untuk semua yang ada di ekosistem Youtube. Dampak dari kebijakan ini, channel yang sebelumnya dapat memonetisasi tetapi tidak memenuhi aturan baru tidak dapat lagi mengakses semua alat dan fitur monetisasi yang dikaitkan dengan Program Partner YouTube. Kebijakan ini akan mulai berlaku tanggal 20 Februari 2018.

Guna dapat memonetisasi channelnya, Youtube memberikan waktu selama 30 hari kepada pengguna atau kreator di Youtube untuk mencapai batas minimum tersebut. (Muhafid/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA