Hati-hati! Virus Mengerikan Ini Bisa Sadap Semua Aktifitas di WhatsApp

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Baru-baru ini dikabarkan sebuah Spyware memiliki kemampuan untuk mengintip pesan di aplikasi WhatsApp, serta menggunakan kamera tanpa sepengetahuan pemiliknya. Malware atau virus membahayakan ini diketahui bernama SkygofreeSeperti yang diungkapkan penyedia antivirus Kaspresky, sebagaimana diberitakan oleh The Sun, bahwa Skygofree ini juga mampu melacak lokasi dan juga merekam audio penggunanya.

Lebih  parahnya, malware ini juga mampu menyusup ke riwayat browser Anda yang terhubung ke jaringan WiFi yang dikendalikan peretas. Hal ini dikhawatirkan peretas dapat mengetahui pasword hingga hal-hal yang penting berkaitan dengan aktifitas Anda.

Tak hanya WhastApp, virus ini juga mampu mengawasi aplikasi-aplikasi yang populer seperti halnya Facebook Messenger, Skype maupun Viber. Cara kerja malware mengerikan ini, di antaranya dengan diam-diam mengambil foto maupun berkas rahasia yang digunakan untuk tujuan jahat. Skygofree ini juga bisa menyalakan kamera depan secara diam-diam dan mengambil foto saat pengguna membuka perangkat ponselnya.

Dari ciri-ciri bahayanya virus ini, bisa dimungkinakan tidak ada rahasia lagi yang luput dari intaian sang peretas, termasuk telepon, SMS maupun kalender. Kaspersky menyebutkan Skygofree ini telah berjalan sejak tahun 2014 silam.

Kendati demikian, dari keterangan yang disampaikan bahwa virus ini hanya menginfeksi di kawasan negara Italia saja. Namun, Kaspersky menghimbau kepada pengguna agar dapat menghindari Skygofree ini dengan mengunduh apapun secara hati-hati, termasuk aplikasi untuk smartphone. (Muhafid/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA