Ini Penyebab Perut Berbunyi “Krucuk-krucuk” Meski Tidak Lapar

Ilustrasi. Foto : net/ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Hampir semuanya pasti mengalami rasa malu ketika di tengah banyak orang, perut Anda mengeluarkan suara “krucuk-krucuk”. Umumnya yang Anda atau orang yang mendengar suara tersebut, akan berpendapat atau diartikan sebagai rasa lapar.

Anish Sheth, seorang ahli sistem pencernaan dari dengan University Medical Center of Princeton, Amerika Serikat, menjelaskan bahwa bunyi seperti “cacing sedang demo” itu nama ilmiahnya adalah borborygmi.

“Ketika kita tidak makan sebentar, usus akan menjalankan fungsinya sebagai ‘pengurus rumah tangga’ yang menyapu sisa-sisa makanan,” ucapnya.

Borborygmi merupakan kondisi ketika cairan atau udara di dalam perut bergerak di sekitar usus besar dan kecil. Suara “krucuk-krucuk” itu bisa terjadi sewaktu perut kosong atau penuh.

Jadi, usus yang bergerak cepat itu dengan menyapu sisa makanan menurut istilah medisnya adalah kompleks motor migrasi (MMC) yang cara kerjanya melakukan dorongan mendorong udara serta cairan. Dan ini merupakan cara kerja tubuh untuk mempersiapkan usus sebelum ada makanan yang datang.

“Ibaratnya, layaknya membersihkan toilet dengan cara praktis, akan tetapi suaranya berisik,” ujarnya.

Agar perut tidak mengeluarkan suara yang bikin malu ini, Sheth menyarankan langkah pertama adalah memakan camilan terlebih dulu. Cukup beberapa suap, yang terpenting ada makanan yang masuk, sehingga usus yang bekerja bersih-bersih bisa berhenti.

“Atau bisa juga dengan minum air putih, namun cara ini tidak secepat makanan,” jelasnya.

Walaupun bunyi tersebut bisa dikatakan normal, namun sebaiknya Anda tetap waspada, karena ditakutkan jika dibiarkan akan menimbulkan perubahan di sistem pencernaan. Contphnya, apabila perut berbunyi bersamaan dengan mual, mulas, gas berlebih, atau diare. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA