Kurang Jaga Kebersihan, Area Miss V Bisa Terserang Penyakit Kulit Ini

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Area sekitar organ intim milik wanita yang letaknya tersembunyi, sangat berpotensi terkena penyakit kulit. Ada beberapa penyakit kulit yang bisa menyerang area Miss V ini.

Berikut penyakit kulit sering menyerang daerah sekitar organ intim wanita, seperti dikutip dari thehealthsite.com.

# Eksim

Meskipun eksim merupakan penyakit autoimun, akan tetapi ada beberapa produk yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit, seperti pewangi atau sabun. Autoimun sendiri merupakan penyakit ketika sel-sel sehat diserang oleh sistem kekebalan tubuh sendiri. Jadi eksim yang biasanya muncul gatal dan ruam merah bisa saja menyerang di sekitar wilayah organ intim.

# Psoriasis

Penyakit kulit lainnya yaitu psoriasis. Psoriasis merupakan penyakit peradangan di kulit yang terjadi menahun. Semua bagian tubuh dapat terserang gejala psoriasis. Penyakit ini biasanya terjadi dengan tanda-tanda rasa gatal kemudian perih, dan gejalanya kulit mengelupas, ruam merah, terasa kering, bersisik dan menebal. Jadi, jika Anda ladies kurang perawatan pada kulit terutama di bagian area intim, maka sangat dimungkinkan akan terjadi penyakit kulit tersebut pada bagian lipatan paha.

# Dermatitis

Jangan termakan iklan parfum atau sabun yang bisa menyegarkan Miss V. Pasalnya, jika Anda salah atau produk tersebut tidak cocok pada kulit, maka yang terjadi adalah penyakit dermatitis di sekitar area Miss V. Tanda-tanda penyakit ini biasanya ada ruan merah di kulit, kemudian rasa gatal dan jika digaruk maka kulit akan melepuh.

# Lichen sclerosis

Jangan aneh jika setelah menopause, Anda kemungkinan besar akan terkena penyakit kulit lichen sclerosis. Gejala-gejala penyakit ini yaitu kulit menjadi kasar serta berubah arna menjadi merah atau putih.

# Vitiligo

Dan yang terakhir yaitu vitiligo atau penyakit yang bisa membuat hilangnya warna kulit. Apabila area organ intim timbul bercak pada kulit berwarna putih serta datar, maka bisa jadi itu merupakan gejala timbulnya penyakit vitiligo.

Cara agar terhindar penyakit kulit di atas, yaitu dengan menjaga kebersihan di sekitar wilayah organ intim, serta usahakan supata daerah tersebut selalu kering. Hal itu bertujuan supaya jamur tidak tumbuh, atau menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri yang bisa menyebabkan penyakit kulit. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA