Lucu! Saat di Ciamis, Jokowi Penasaran Ingin Dikirim Ikan Burayak

Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada acara penyerahan sertifikat tanah yang diberikan kepada sekitar 5000 masyarakat dari Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Tasikmalaya, di Lapang Lokasana Ciamis, Selasa (16/01/2018) siang. Foto: Tantan Mulyana/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Terjadi moment lucu ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi), mengadakan kuis berhadiah pada penyerahan sertifikat di Lapang Lokasana Ciamis, Selasa (16/01/2018). Pada acara itu, orang nomor satu di Indonesia ini memanggil tiga penerima sertifikat untuk naik ke atas panggung.

“Saya minta 3 orang penerima sertifikat naik ke atas panggung untuk menjawab kuis dari saya. Satu orang bacakan teks pancasila, satu orang nyanyi lagu sunda berjudul neng geulis atau es lilin dan satu orang lagi sebutkan 7 nama ikan,” kata Jokowi.

Moment lucu terjadi ketika Rohayati, salah satu penerima sertifikat asal Kota Tasikmalaya, saat diminta menyebutkan 7 nama ikan. Ditanya soal itu, Rohayati pun langsung menyebutkan 7 nama ikan yang diingatnya. “Gurame, mas, nilem, betok, sepat, burayak,” kata Rohayati yang disuruh berhenti oleh Jokowi ketika belum selesai menyebutkan 7 nama-nama ikan.

Jokowi tampak bingung ketika mendengar nama ikan betok, nilem dan burayak. “Memang ada nama ikan betok, nilem dan burayak,” kata Jokowi bertanya. Hadirin yang hadir di acara itu serempak menjawab, ada! . “Baru dengar saya ada nama ikan betok. Apalagi itu namanya ikan burayak,” ucap Jokowi sambil tertawa.

Rohayati pun menimpali dan meyakinkan Jokowi bahwa ikan burayak enak jika dipepes. “Saya jadi penasaran ikan burayak seperti apa. Bener saya penasaran. Coba tolong minggu depan saya minta dikirim ikan burayak,” katanya.

Seperti diketahui, ikan betok sejenis ikan mujair. Hanya saja ukurannya lebih kecil.
Ikan jenis ini pun gampang ditemui di perairan rawa atau sungai. Sedangkan burayak ikan berukuran kecil sejenis ikan impun yang gampang ditemui di selokan atau sungai.

Sementara penerima sertifikat lainnya yang naik ke atas panggung, yakni Dadang dari Padawaras, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, berhasil menyebutkan 5 sila pancasila dengan lancar. Begitupun Eva dari Desa Raharja, Kota Banjar, terdengar merdu saat menyanyikan lagu es lilin.

Usai turun dari panggung, ketiga orang yang berhasil memenuhi permintaan Jokowi itu, masing-masing mendapat hadiah sepeda. (Tantan/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA