MAN 2 Pangandaran Gelar Donor Darah Bekerjasama dengan PMI Ciamis

Guru MAN 2 Pangandaran serta masyarakat sekitar saat melakukan donor darah di Kampus MAN 2 Pangandaran, Sabtu (13/01/2018). Foto : Aceng/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

MAN 2 Pangandaran mengadakan donor darah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ciamis, di Kampus MAN 2 Pangandaran, Sabtu (13/01/2018).

Ketua panitia aksi donor darah, Ajan Sujani mengatakan, bahwa kegiatan donor darah ini merupakan program rutin tahunan yang diadakan di MAN 2 Pangandaran, sebagai wujud kepedulian sosial dan kemanusiaan.

“Aksi donor darah ini merupakan bukti solidaritas sosial MAN 2 Pangandaran kepada sesama,” katanya kepada HR Online.

Ajan menambahkan, melalui kegiatan ini diharapkan bisa memberi manfaat dan membantu mereka yang benar-benar membutuhkan. “Sudah ada sekitar 65 peserta yang mendaftar, terdiri dari murid dan guru MAN 2 Pangandaran serta masyarakat sekitar,” ucapnya.

Sementara itu, petugas dari PMI Ciamis H. Tete mengatakan, semua pendonor sebelum mendonorkan darahnya harus diperiksa terlebih dahulu. Dijelaskannya, darah mereka akan diambil sekitar 350-450 cc atau kurang lebih sekitar 11% dari total volume darah bagi pendonor yang memiliki berat 45 kg.

Oleh karena itu, katanya, tidak semua orang bisa mendonorkan darahnya karena banyak sarat- sarat yang harus ditempuh.

“Si pendonor juga harus berusia 17-60 tahun, berat badan minimal 45 kg, kadar hemoglobin minimal 12,5 gram/desi liter, tekanan darahnya juga harus normal,” jelasnya.

Lebih lanjut Tete mengatakan, kegiatan mendonorkan darah sejatinya bisa membantu menyelamatkan hidup mereka yang membutuhkan dengan cepat. Seperti mereka yang mengalami penyakit thalassomia dan hemofili, yang mempunyai kadar hemoglobin rendah serta harus menerima tranfusi darah setiap hari.

“Setetes darah kita, akan bermanfaat bagi mereka. Jadikan donor darah ini sebagai gaya hidup,” pungkasnya. (Cenk/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA