Obat Termahal di Dunia Ini Diklaim Bisa Sembuhkan Kebutaan

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),-

Luxturna, obat yang diklaim bisa menyembuhkan kebutaan permanen pada mata “dinobatkan” sebagai obat termahal di dunia saat ini. Obat yang diproduksi oleh Spark Therapeutics ini dijual dengan harga US$850 ribu atau sekitar Rp 11 miliar per buah.

Dikutip dari irishtimes.com, CEO Spark Therapeurics, Jeffret Marrazzo mengatakan, Luxturna harganya mahal karena memang dikhususkan untuk mengatasi kebutaan tiap mata.

Meski harganya yang fantastis, namun Marrazzo percaya bahwa kandungan yang ada di dalam Luxturna sangat berkhasiat dan sebanding dengan harga yang mencengangkan.

Dijelaskannya, obat berukuran kecil itu digunakan untuk satu mata satu kali suntikan. Tiap satu kali suntik biayanya US$425 ribu.

Sebelumnya, perusahaan yang dipimpinnya itu mematok harga US$1 juta atau sekitar Rp13 miliar. Akan tetapi, Marrazzo akhirnya menurunkan harga jualnya lebih murah karena perusahaan asuransi khawatir tidak bisa menutupi ongkos pengobatan tersebut.

Selain itu, Luxturna adalah obat terapi genetik pertama yang disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) US atau badan obat Amerika Serikat.

Luxturna memang tidak seperti obat lainnya dalam hal proses penyembuhan. Jika obat lainnya membutuhkan proses yang lama bisa sampai bulanan atau tahunan, namun obat ini hanya perlu satu kali pengobatan. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA