(Pilkada Banjar) Panwaslu Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif RT/RW

(Pilkada Banjar) Panwaslu Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif RT/RW

Sosialisasi pengawasan partisipatif ke sejumlah sejumlah Ketua RT dan RW di Daerag Pemilihan (Dapil) Kecamatan Pataruman di Gedung Pusdai Kota Banjar. Foto: Nanang Supendi/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Banjar terus memperkuat persiapan dalam pengawasan Pilkada ke berbagai pihak, termasuk melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif ke sejumlah sejumlah Ketua RT dan RW di Daerag Pemilihan (Dapil) Kecamatan Pataruman di Gedung Pusdai Kota Banjar, Jum’at (12/01/2018).

Ketua Panwaslu Kota Banjar, Irfan Saeful Rohman, mengatakan, pihaknya memandang begitu penting sistem pengawasan partisipatif dilakukan semua lapisan masyarakat. Sebab, mereka mesti paham regulasi yang ada serta paham pelanggaran Pilkada agar bisa diminimalisir.

“Kami yakin pelanggaran yang mungkin terjadi bukan niat masyarakat itu sendiri, tapi karena kurang pahamnya perundang-undangan yang berlaku. Maka dasar tersebutlah kami coba sampaikan supaya  masyarakat tidak terjebak melakukan pelanggaran pemilu,” katanya.

Alasan target sasaran sosialisasi ini diberikan kepada Ketua RT/RW, lanjutnya, karena mereka selaku pemimpin lingkungan terbawah yang bersinggungan langsung dengan masyarakatnya.

“Para Ketua RT/RW untuk menyebarluaskan kepada masyarakatnya terkait point-point perbuatan yang berpotensi menimbulkan pelanggaran pemilu. Ini penting agar masyarakat tidak menjadi korban atas ketidakpahaman aturan yang berlaku,” imbuhnya.

Pihaknya tak menampik tupoksi yang diembannya tak mungkin dikerjakan sendiri tanpa kerjasama dan bantuan seluruh elemen masyarakat. Maka sudah jelas RT/RW pun berperan dalam mewujudkan Pilgub Jabar dan Pilwalkot Banjar yang bersih, berkualitas, adil, dan jujur.

“Hati-hati dan antisipasi upaya money politic dan isu sara. Itu trend potensi pelanggaran yang mungkin bisa saja terjadi untuk saat ini,” ujarnya.

(Nanks/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles