Tingkatkan PADes, Pemdes Karangpawitan Ciamis Gelar Drama Teater

Pentas seni drama teater di Gor Desa Karangpawitan, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis. Foto: Eji Darsono/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes), Pemerintah Desa Karangpawitan, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat menggelar pentas seni drama teater Jagat Sri Roro Mojopahit di Gedung Olahraga Desa Karangpawitan, Sabtu (27/01/2018) malam.

Rosadi, Kepala Desa Karangpawitan, mengatakan, malam pentas seni tersebut merupakan bentuk kerjasama antara pemerintah desa dengan Pandawa Lima yang mana para pemainnya berasal dari SMAN 1 Kawali.

Dengan pementasan tersebut, jelasnya, tiada lain untuk memperkenalkan drama teater kepada masyarakat guna meningkatkan PADes.

“Kalau masyarakat tahu tentang kearifan lokal di sini yang dibalut dengan drama teater tentunya akan menarik wisatawan, dan ini bisa meningkatkan PADes. Makanya kita gandeng anak-anak teater dari SMAN 1 Kawali,” katanya.

Sementara itu, Mamat, sesepuh Pandawa Lima, menjelaskan, pada pementasan drama tersebut diambil cerita dari Sri Roro Mojopahit yang mana mengisahkan cerita cinta saat pengungsian tatar galuh.

“Kita ambil kisah ini agar para generasi saat ini tahu sejarah yang pernah terjadi waktu dulu. Tentunya kesenian seperti ini agar dilestarikan dan dijaga baik oleh para pemuda,” singkatnya. (Dji/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA