Tolak Pernyataan Sepihak, HMI & KAHMI Banjar Tegaskan Netral di Pilkada

Tolak Pernyataan Sepihak, HMI & KAHMI Banjar Tegaskan Netral di Pilkada

Joko Nurhidayat, Ketua Cabang HMI Kota Banjar. Foto: Istimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Menyikapi pernyataan sepihak yang dilakukan oknum alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), saat acara deklarasi salah satu pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Banjar, pada Selasa (09/01/2018) lalu, yang menyatakan bahwa HMI dan KAHMI mendukung salah satu pasangan calon dalam Pilkada Kota Banjar 2018, maka pada hari Rabu (10/01/2018), HMI Cabang Kota Banjar menggelar rapat presidium di Sekretariat HMI Cabang Kota Banjar, Jalan DR. Husein Kartasasmita.

Dalam rapat tersebut, Ketua Umum HMI Cabang Kota Banjar, Joko Nurhidayat, menegaskan bahwa HMI Cabang Kota Banjar menolak atas pernyataan sepihak yang mengatakan HMI Cabang Kota Banjar mendukung salah satu pasangan calon dalam Pilkada Kota Banjar 2018.

Menurutnya, HMI Kota Banjar justru mendorong seluruh kadernya untuk berpartisipasi dan berperan aktif dalam rangka mensukseskan Pilkada Kota Banjar tahun 2018, serta bersikap netral.

“HMI Cabang Kota Banjar tidak mengakui keabsahan Korps Alumni HMI atau KAHMI yang ada di Kota Banjar. Justru HMI siap mendorong dan mengawal lembaga penyelenggara Pemilu Kota Banjar 2018 untuk bersikap Independen,” tandasnya.

Ia juga menjelaskan, KAHMI dan HMI Cabang Kota Banjar, secara kelembagaan bersikap netral dalam kontestasi Pilkada. Anggota HMI dan Presidium KAHMI secara personal berhak menentukan dan mendukung, serta memilih pasangan calon tertentu sesuai dengan hak personalia.

Secara faktual, alumni HMI memang banyak berkiprah di berbagai organisasi, termasuk organisasi partai politik. Namun, tentunya preverensi politik personal tidak mencerminkan sikap politik KAHMI secara kelembagaan.

“Dimohon kepada seluruh kader, baik HMI maupun KAHMI, untuk selalu menjaga etika organisasi yang telah diatur dalam kode etik, serta seluruh anggota selalu menjalin silaturrahim untuk membesarkan organisasi, tentunya dengan ruh yang telah dimiliki,” ucapnya.

Joko menegaskan, bahwa pihaknya menyatakan sikap secara kelembagaan HMI dan KAHMI Kota Banjar, dan tidak membenarkan ketika ada statmen atau ungkapan apapun dari pihak manapun yang mengatasnamakan HMI ataupun KAHMI mendukung salah satu kandidat dalam kontestasi Pilkada Banjar.

“Demikian sikap atas steatment yang terjadi saat deklarasi salah satu bakal pasangan calon yang menyatakan HMI Cabang Banjar dan KAHMI mendukung calon tersebut. Saya nyatakan itu tidak benar, itu merupakan oknum yang mengatasnamakan organisasi kami, dan saya atas nama Ketua Umum HMI Cabang Kota Banjar siap duduk bersama mempertanggung jawabkan atas klarifikasi statmen yang dilontarkan,” pungkasnya. (Hermanto/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles