Atlet Pencak Silat SMAN 3 Ciamis Sabet 6 Medali di Event Internasional

Kepala SMAN 3 Ciamis, Dede Hidayat, bersama 6 atlet pencak silat SMAN 3 Ciamis yang masing-masing berhasil meraih gelar medali pada even Pencak Silat Pakubumi Open ke-4 tahun 2018 antar Pelajar, Mahasiswa dan Dewasa, Tingkat Nasional, Asia dan Eropa, yang digelar di GOR Tri Lomba Juang, Jalan Padjadjaran Bandung, Sabtu (3/2/2018). Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

6 Atlet Pencak Silat SMAN 3 Ciamis berhasil meraih prestasi gemilang setelah masing-masing atlet menyabet gelar juara dengan perolehan 2 medali emas, 3 perak dan 1 perunggu pada even Pencak Silat Pakubumi Open ke-4 tahun 2018 antar Pelajar, Mahasiswa dan Dewasa, Tingkat Nasional, Asia dan Eropa, yang digelar di GOR Tri Lomba Juang, Jalan Padjadjaran Bandung, Sabtu (3/2/2018). Dengan prestasi ini, semakin memantapkan jargon SMAN 3 Ciamis sebagai sekolah berbasis olahraga.

Kepala SMAN 3 Ciamis, Dede Hidayat, mengaku bangga dengan prestasi yang diraih anak didiknya. Pasalnya, kata dia, event pencak silat ini tidak hanya diikuti oleh peserta dari Indonesia, tetapi juga dari beberapa negara di Asia dan Eropa.

“Selain itu, prestasi ini pun sebagai bukti bahwa pembinaan olahraga di sekolah kami sudah mulai berjalan baik. Buktinya, di sekelas event tingkat internasional, 6 atlet pencak silat kami berhasil meraih gelar juara,” ujarnya, kepada Koran HR, Selasa (06/02/2018).

Dede menjelaskan, setelah SMAN 3 Ciamis ditetapkan sebagai sekolah berbasis olahraga dengan menerapkan program latihan secara profesional, kini sudah menampakan hasilnya. Menurutnya, dalam setahun terakhir ini, banyak prestasi yang diraih anak didiknya dari beberapa cabang olahraga.

“Awalnya sekolah kami hanya bisa membanggakan atlet tenis meja yang selalu menjadi juara tingkat provinsi dan nasional. Tetapi, setelah sekitar dua tahun kami menjalankan program sekolah berbasis olahraga, prestasi yang diraih tak hanya dari tenis meja saja, tetapi dari cabang lainnya, seperti Basket, Karate dan Pencak sudah mendulang prestasi serupa. Bahkan, tiga cabang olahraga itu sudah mampu mendulang prestasi di kejuaraan tingkat provinsi dan nasional,” katanya.

Dede menambahkan, pihaknya kini tengah mengembleng tim futsal dan tim sepakbola guna membentuk sebuah tim yang solid. “Untuk tim futsal SMAN 3 Ciamis kini tengah mengikuti turnamen antar pelajar tingkat Kabupaten Ciamis. Kami menargetkan meraih gelar juara pada turnamen futsal tersebut dan bisa berlanjut mendulang prestasi hingga ke tingkat provinsi dan nasional,” ujarnya.

Sementara itu, 6 atlet pencak silat SMAN 3 Ciamis yang mendulang gelar juara di event Pakubumi Open ke-4 tahun 2018 antar Pelajar, Mahasiswa dan Dewasa, Tingkat Nasional, Asia dan Eropa, yakni Pera Susilawati kelas X IIS 1, Agus Hendrayanto kelas XI MIA 4 dan Agus Hendrayanto kelas XI MIA 4 meraih medali emas.

Sedangkan Dendy Bima Ardana kelas XI MIA 4, Keukeu Ratna Dewi kelas X IIS 1 dan Budi Darmawan kelas XI MIA 4 meraih medali perak. Sementara Fatwa Vemar Al Nafi kelas XI IIS 4 meraih mendali perunggu. (Bgj/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA