Ingin Jadi Paspampres? Ini Syarat-syaratnya

Photo: Net/Ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),-

Anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) kerap menjadi pusat perhatian masyarakat. Para pengawal orang-orang penting kenegaraan ini sering menjadi buah bibir karena beberapa kali tertangkap kamera media.

Wakil Komandan Paspampres, Brigadir Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, mengatakan, Paspampres adalah orang-orang terpilih dari satuan Anggota TNI Angkatan Laut, Darat dan Udara. Meskipun memang anggota TNI merupakan orang-orang terpilih, namun untuk menjadi Paspampres perlu disaring lagi.

Maruli menyebutkan, bahwa seleksi paling utama untuk menjadi Paspampres adalah tes psikologi. Dalam hal ini ada beberapa tes psikotes yang wajib diikuti para pengawal utama presiden ini.

“Seorang anggota Paspampres itu harus tenang, cepat serta berani mengambil keputusan,” kata Maruli, seperti dilansir Tempo.Co, Sabtu (10/02/2018).

Dia juga menjelaskan, tes psikologi dibutuhkan karena para Paspampres ini memegang senjata. Untuk itu, penting bagi para Paspampres memiliki psikis yang stabil jika dibolehkan memegang senjata. Selain itu, ada juga tes IQ agar cepat tanggap. Jadi Semua dirangkum dalam psikotes tersebut.

Para Paspampres juga perlu memiliki fisik yang baik. Artinya, mereka harus kuat lari, punya kemampuan beladiri, dan tentunya kondisi kesehatannya bagus. Biasanya ada pula tes lari yang harus diikuti, dan para Paspampres harus mendapatkan nilai minimal 70.

“Kemudian, ada juga klasifikasi usianya. Sedangkan, untuk urusan berat badan, yang penting proporsional. Jadi tidak ada angka spesifik,” ucapnya.

Para Paspampres pun harus berlatih keahlian menembak. Karena, keahlian menembak menjadi salah satu parameter bagi anggota Paspampres naik tingkat. Namun, keahlian menembak yang perlu dilakukan tidak seperti orang pada umumnya. Karena trkadang anggota Paspampres harus berlatih menembak di atas motor atau mobil yang sedang melaju/bergerak.

“Dalam latihan itu mereka juga menggunakan helm. Tentunya hal tersebut akan lebih sulit sebab banyak hambatannya,” terang Maruli.

Selanjutnya, dalam hal status perkawinan, bagi anggota TNI yang sudah menikah boleh mengikuti seleksi Paspampres. Jadi Paspampres juga tidak ada syarat harus ganteng, wajah biasa-biasa pun bisa, yang penting lolos semua seleksi. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar