Jelang Panen Raya, BPP Pamarican Ciamis Lakukan Pengubinan

13/02/2018
Jelang Panen Raya, BPP Pamarican Ciamis Lakukan Pengubinan

Saat ini di wilayah Desa Kertahayu Pamarican terdapat sekitar 4,7 hektar lahan padi organik yang dikembangkan oleh Kelompok Tani Minaharja. Foto : Suherman/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, saat ini tengah melakukan kegiatan pengubinan. Kegiatan itu dilakukan menjelang kegiatan panen raya padi organik yang akan dilaksanakan Kelompok Tani Minaharjasari, Dusun Kertaharja, Desa Kertahayu, Kecamatn Pamarican, Selasa (06/02/18) lalu.

Ketua Koordinator BPP Kecamatan Pamarican, Umi Farida, ketika ditemui Koran HR, Selasa (06/02/18), mengatakan, kegiatan pengubinan tersebut bertujuan untuk memantau perkembangan hasil panen padi organik kelompok tani binaannya.

“Hasil panen saat ini alhamdulillah masih memuaskan. Dalam hasil ubin kami kemarin, dari masing-masing varitas rataratanya 7,5 kg perubin (2,5 x 2,5 meter). Mudah-mudahan saja dengan berkembangnya lahan organik di wilayah Pamarican ini bisa mendongkrak perekonomian petani agribisnis,” katanya.

Umi Farida mengungkapkan, saat ini di wilayah Desa Kertahayu Pamarican terdapat sekitar 4,7 hektar lahan padi organik yang dikembangkan oleh Kelompok Tani Minaharja. Selain itu, program pengembangan padi organik kelompok tersebut juga sudah lolos verifikasi.

“Dan juga sudah mendapatkan sertifikasi pemasaran. Kendati produk beras organik Kelompok Tani Minaharja telah bersertifikasi, tapi dari segi harga jual mereka masih mendapat kendala. Maka dari itu kami tengah berupaya bagaimana caranya agar beras organik ini harganya meningkat, agar petani bisa tertarik dan beralih membuat lahan padi organik,” katanya. (Suherman/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles