Tiga Rumah Warga di Baregbeg Ciamis Ludes Terbakar

Tiga rumah warga di Dusun Desa RT 03/RW 09, Desa Jelat, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, hangus dilalap “Si Jago Merah”, Senin (12/02/2018). Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com), –

Tiga rumah warga di Dusun Desa RT 03/RW 09, Desa Jelat, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, hangus dilalap “Si Jago Merah”, Senin (12/02/2018). Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran ini. Namun, korban mengalami kerugian mencapai ratusan juta rupiah. 

Perangkat Desa Jelat, Nana, mengatakan, ketiga rumah warga yang hangus terbakar itu sering ditinggal pemiliknya. Karena seluruh pemiliknya merupakan pedagang.

“Kalau siang hari rumah itu sering kosong, semuanya pergi berdagang. Ketiga rumah yang berdampingan itu merupakan satu keluarga, terdiri dari ayah dan dua anaknya yang sudah berumah tangga,”ujarnya.

Nana menuturkan, kepulan asap tebal pertama kali diketahui oleh salah seorang kerabat korban yang kebetulan sedang berada di sawah. Terlihat asap tebal sudang membumbung tinggi. Namun, belum diketahui penyebab kebakaran tersebut.

“Ketika asap tebal berasal dari rumah itu, kerabat korban yang bernama Aceng langsung berteriak minta tolong kepada warga sekitar,”ungkapnya.

Sontak, mendengar teriakan minta tolong, warga yang dekat dengan tempat kejadian langsung bahu-membahu memadamkan api dengan alat seadanya.

“Api dengan cepat menghanguskan bangunan itu. Tidak berapa lama, dua unit Petugas Pemadam Kebakaran datang. Tetapi, akibat hembusan angin yang begitu cepat, membuat petugas damkar tidak bisa berbuat banyak,”tuturnya.

Akibatnya, ketiga rumah yang berukuran sekitar 5X10 meter itu rata dengan tanah. Tidak ada harta benda yang bisa diselamatkan, termasuk beberapa sepeda motor korban ikut terbakar.

“Setelah petugas damkar dan warga 1 jam berjibaku memadamkan api, akhirnya dapat dipadamkan. Tetapi, tidak ada satu pun harta benda korban yang bisa diselamatkan. Api sangat cepat sekali menghanguskan bangunan semi permanen milik korban,” ujarnya. (Tantan/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar