Unik, di Pangandaran Ada Pilkate Serentak

Kepala Desa Karangmulya saat melantik puluhan RT dan RW di Desa Karangmulya, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Pemerintah Desa Karangmulya, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran melantik puluhan Kepala RT dan RW yang telah terpilih dalam Pemilihan Ketua RT (Pilkate) beberapa waktu lalu. Dihadiri Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, para pimpinan di tingkatan RT dan RW tersebut tampak begitu kompak dengan seragamnya yang berwarna merah, Rabu (07/02/2018).

Tak hanya dilantik, para istri Ketua RT dan RW pun turut hadir dalam kesempatan itu dengan baju yang seragam untuk menyaksikan suami-suaminya yang akan menjabat Ketua RT dan RW selama 3 tahun mendatang.

Perlu diketahui, Desa Karangmulya merupakan salah satu desa yang rutin melaksanakan Pilkate halnya dalam Pilkada, baik ada tahapan proses pendaftaran, kampanye maupun pemilihan secara demokratis. Bedanya dengan penyelenggaraan Pilkada, Pilkate serentak ini dilaksanakan oleh 25 RT dan 11 RW secara sederhana dengan mengandalkan swadaya masyarakat dan tanpa adanya campur tangan anggaran dari pemerintah.

Menurut Kades Karangmulya, Narta Sugiartha, pasca terselenggaranya Pilkate, seperti biasanya pemerintah desa menggelar pelantikan sebagai tanda telah sahnya para Ketua RT dan RW dalam mengemban amanat dalam membantu proses pemerintahan di desanya. Namun, pada pelantikan ini dirasa sangat istimewa karena kehadiran orang nomor satu di Pangandaran, Bupati Jeje Wiradinata.

“Momen ini sangat jarang sekali pada saat pelantikan RT dan RW. Maka, dengan kehadiran Pak Bupati harus menjadi motivasi bagi Ketua RT dan RW untuk meningkatkan kinerjanya,” kata Narta kepada HR Online.

Ia mengakui, bahwa peran RT dan RW sangat penting dalam proses pembangunan di desanya, apalagi dalam pelaksananaan program pemerintah daerah yang saat ini memprioritaskan di bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan penataan kawasan wisata. Bahkan, Narta menegaskan, pemerintah daerah rela memfokuskan pada pelayanan masyarakat terlebih dahulu sebelum pembangunan perkantoran dinas yang juga cukup penting.

“Nah untuk di desa kami, harapannya adalah adanya bantuan untuk rehab aula kantor desa yang kini kondisinya perlu diperbaiki,” pungkasnya. (Mad1/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar