YRBK Gelar Pekan Literasi Kota Banjar

Salah satu kegiatan YRBK di sekretarian yang berlokasi di Lingkungan Parunglesang, Kelurahan Banjar, Kecamatan Banjar, Kota Banjar. Photo: Muhafid/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Dalam rangka memeriahkan hari jadi Kota Banjar ke-15, Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK) menggelar Pekan Literasi Kota Banjar (PLKB) 2018 yang dimulai sejak tanggal 1-24 Ferbruari 2018. Dalam PLKB itu beragam rangkaian kegiatan sengaja digelar guna mendorong masyarakat membudayakan literasi.

Ketua panitia kegiatan, Septian Muhammad Sofiawan, mengatakan, dalam pelaksanaan PLKB, pihaknya membagi tiga kegiatan, diantaranya Diskusi Komunitas (DisKo), pemberian Anugerah Literasi 2018 kepada siswa, guru, jurnalis maupun masyarakat umum, dan seminar publik yang mengangkat budaya literasi serta kemajuan Kota Banjar.

“Alhamdulillah, YRBK telah terpilih sebagai salah satu Taman Baca Masyarakat (TBM) untuk melaksanakan salah satu program dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yaitu Program Tali Integritas atau Taman Literasi Integritas, yang berorientasi untuk mengenalkan nilai-nilai integritas dan kejujuran sejak dini melalui kegiatan literasi,” kata Septian, kepada Koran HR, Senin (05/02/2018).

Maka dari itu, dalam kesempatan Hari Jadi Kota Banjar tahun 2018 ini, pihaknya menggelar sejumlah kegiatan yang berkaitan dengan literasi. Tujuannya agar Kota Banjar semakin maju di bidang literasinya.

Lebih lanjut Septian mengatakan, sebagai bentuk syukur, yang mana YRBK telah hampir satu tahun lebih berkecimpung di dunia literasi, pihaknya juga akan memberikan anugerah kepada berbagai pihak yang telah ikut mendukung gerakan tersebut.

Karena, tanpa adanya dukungan, baik dari para siswa, guru, jurnalis, serta masyarakat umum lainnya, tentu perjalanan YRBK dalam menggerakkan literasi di Kota Banjar ini akan terhambat.

“Kita bersama Pemerintah Kota Banjar akan memberikan bentuk apresiasi tersebut kepada para nominator, baik dari kategori siswa, guru maupun jurnalis. Mudah-mudahan dengan kegiatan seperti ini, budaya literasi di Kota Banjar dari tahun ke tahun semakin meningkat,” harap Septian.

Sekretaris YRBK Kota Banjar, Ivan Mahendrawanto, menjelaskan, kegiatan PLKB merupakan gagasan untuk melanjutkan Gerakan Banjar Membaca yang sudah dicanangkan sebelumnya.

Pihaknya yakin, melalui berbagai rangkaian kegiatan dalam HUT Kota Banjar ke-15 ini akan menjadi titik picu terciptanya masyarakat Banjar yang gemar membaca. Jika budaya literasi di Banjar meningkat, tentu akan berimplikasi pada peningkatan kualitas SDM serta kemajuan Kota Banjar sendiri, apalagi kini sudah menginjak umur 15 tahun.

“Dalam kegiatan seminar nanti, kami akan menghadirkan pemateri dari Dinas Perpustakaan Provinsi Jawa Barat, pegiat literasi tingkat provinsi dan Kota Banjar, serta jurnalis yang memang terus bersama-sama memperjuangkan budaya literasi,” terang Ivan.

Ketua YRBK, Siti Maroah, menambahkan, masayarakat Kota Banjar, terutama dari kalangan pemuda dan pelajar, harus didorong dan dimotivasi agar budaya literasinya semakin meningkat. Sebab, dirinya mempercayai bahwa budaya literasi juga salah satu parameter dan prasyarat utama kemajuan suatu daerah.

“Momentum HUT Kota Banjar ke-15 ini harus menjadi pelecut semangat masyarakat Kota Banjar dari berbagai kalangan, untuk meningkatkan budaya literasi. Dengan modal inilah kita bersama-sama membangun Kota Banjar lebih baik lagi,” tandasnya. (Muhafid/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar