Inilah Prediksi Legislator yang Duduk di DPRD Ciamis dan Pangandaran

Foto: Ilustrasi

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Meski penetapan Calon Anggota Legislatif (Caleg) kabupaten belum ditetapkan secara resmi oleh KPUD Kabupaten Ciamis, namun dari data pleno rekapitulasi suara Pemilu 2014 yang ditetapkan Senin (21/04/2014), sudah tampak siapa saja yang akan duduk sebagai legislator di DPRD Ciamis maupun di DPRD Pangandaran.

Dari data rekapitulasi suara yang diperoleh HR dari KPUD dan Panwaslu Kabupaten Ciamis, diketahui bahwa PDIP sebagai parpol pemenang di Kabupaten Ciamis. Jika dibagi 2 wilayah, yakni Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Pangandaran pun, PDIP tetap unggul sebagai parpol pemenang Pemilu.

Yang menarik Partai Golkar dan PAN. Dua parpol ini saling kejar ketika perhitungan suara tengah dihitung selama sepekan kemarin. Jika dihitung 6 Dapil (Kab. Ciamis dan Pangandaran), PAN berada di urutan kedua. Kemudian disusul Partai Golkar berada di urutan ketiga.

Tetapi, jika dibagi dua wilayah, misalnya, di Kabupaten Pangandaran, PAN berada di urutan kedua setelah PDIP. Sementara Partai Golkar berada di urutan ketiga. Namun, untuk di Kabupaten Ciamis, Partai Golkar berada di urutan kedua, kemudian disusul PAN di urutan ketiga.

Kenaikan perolehan suara PAN hampir terjadi di seluruh Dapil. Kenaikan suara PAN paling signifikan terjadi di Dapil 4, Dapil 5 dan Dapil 6. Sementara perolehan suara Partai Golkar di tiga Dapil tersebut anjlok jika dibanding dengan Pemilu sebelumnya. Perolehan suara Partai Golkar terjadi kenaikan hanya di Dapil 1 Ciamis.

Dengan begitu, Partai Golkar harus rela kehilangan 1 kursi yang sebelumnya 8 kursi dan kini menjadi 7 kursi. Malah, jika dibagi 2 wilayah, partai berlambang pohon beringin ini akan berkurang 1 kursi di DPRD Ciamis. Sementara di DPRD Pangandaran hanya bertambah 3 kursi dengan perolehan akhir 5 kursi.

Kondisi yang sama pun dialami PAN. Meski pada pelantikan pertama di DPRD Ciamis mendapat 7 kursi, namun ketika dibagi dua wilayah, partai berlambang matahari ini akan turun 2 kursi di Kabupaten Ciamis. PAN memperoleh 5 kursi di DPRD Ciamis.

Namun demikian, PAN berjaya di DPRD Pangandaran dengan memperolah tambahan 4 kursi. PAN akan mendapat 7 kursi di DPRD Pangandaran dan hanya terpaut satu kursi dari PDIP yang memperoleh 8 kursi.

Pemilu 2014 ini tampaknya moment baik bagi PDIP. Meski setelah dibagi 2 wilayah, yakni Kabupaten Ciamis dan Pangandaran, partai berlambang kepala banteng ini masih bertengger dengan mendapat 12 kursi di DPRD Ciamis.

Penurunan perolehan kursi dialami Partai Demokrat. Parpol pimpinan Presiden SBY ini hanya mendapat 5 kursi saat pelantikan pertama di DPRD Ciamis. Hal itu berbeda dengan tahun 2009, dimana Demokrat mendapat 9 kursi di DPRD Ciamis.

Sementara jika dibagi 2 wilayah, Partai Demokrat semakin terpuruk. Di DPRD Ciamis, Demokrat kehilangan 1 kursi lagi, dan tinggal 4 kursi. Sementara di DPRD Pangandaran, Demokrat hanya mendapat 2 kursi.

Kenaikan kursi di DPRD Ciamis dan Pangandaran, diperoleh juga oleh PKB. Peningkatan suara PKB di tingkat nasional, tampaknya berpengaruh juga di Kabupaten Ciamis dan Pangandaran.

Sementara itu, Ketua KPUD Ciamis, Kikim Tarkim, mengatakan, pihaknya akan merilis penetapan kursi DPRD Ciamis dan Pangandaran, rencananya akan dilakukan pada tanggal 7 Mei mendatang. “ Sekarang masih pleno rekapitulasi suara di tingkat provinsi. Nanti setelah tahapan rekapitulasi nasional selesai, baru kita menetapkan Caleg terpilih,” ujarnya, kepada HR, Selasa (22/04/2014).

Menurut Kikim, jika dibagi dua wilayah, yakni Kabupaten Ciamis dan Pangandaran, maka akan terjadi penambahan kursi. Kursi DPRD Ciamis tetap 50 kursi. Sementara kursi DPRD Pangandaran 35 kursi. “ Di tiap Dapil nanti akan dihitung ulang, untuk pelantikan kedua di Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Pangandaran, “ ujarnya.

Kikim mengungkapkan, jika dibagi dua wilayah, di Dapil 1 Ciamis diproyeksikan akan terjadi penambahan 4 kursi, di Dapil 2 bertambah 3 kursi, di Dapil 3 bertambah 3 kursi dan di Dapil 4 juga akan bertambah 3 kursi. Sementara di Dapil 5 dan Dapil 6 akan dipecah kembali menjadi 35 kursi.

“Untuk Dapil 5 dan Dapil 6 ini untuk membentuk DPRD Kabupaten Pangandaran yang beranggotakan 35 anggota dewan. Jadi, nantinya akan dijaring 19 kursi dari Dapil 5 dan 16 kursi dari Dapil 6,” ujarnya.

Berikut ini nama 50 Anggota DPRD Ciamis yang diprediksi lolos pada pelantikan pertama DPRD Ciamis; (Dapil 1) Oih Burhanudin, Syarif Sutiarsa (PDIP), Heri Rafni Kotari, Ganjar M. Yusuf (Golkar), Yana D. Putra (PAN), Dadan Sihabudin, S.IP, MM (PKB), Asep Juju (PKS), Ludi Mara (Gerindra), Erik Krida Setia, ST (Demokrat), Mamat Suryawijaya, S.Pd (PPP) dan H. Dadang R, SH (Nasdem).

(Dapil 2) H. Asep Roni, Ohan Hidayat, Yogi Permadi (PDIP), R. Dida Yudanegara, SH, (Golkar), Yulianti, SE (Demokrat), Asep Dian Permana Yudha, S.Sos (PKB), Ade Amran (PKS), Hendra Marcusi (PAN), Toni Mohamad Taufikurrohman,  H. Agus Zakaria (PPP).

(Dapil 3) Amin, Angga Nugraha, SP (PDIP), Imam Dana Kurnia, S.PT (PKB), Ipah Hudaifah (PKS), Eson Suryadi, ST., MM (PAN),  H. Tito Ahmad Setra (Hanura), Dr. H. Masduki heryana, MM (Golkar), Sofwan Ismail (Demokrat).

(Dapil 4) Beni Oktavia, Nanang Permana, SH (PDIP), Kuncoro Jati Suroso (Golkar), Drs. H. Wagino (PKB), Rini Kustantri (PKS), Hakimah (Demokrat), Ir. H. Suyono (PAN), Andang Irpan S, S.Ag, SH. MH (PBB).

(Dapil 5) Iwan Mohamad Ridwan, S.Pd., M.Pd, Asep Noordin (PDIP), Taufik Martin (Golkar), H. Ino Darsono, Imang Wardiman (PAN), Jalaludin, S.Ag (PKB), H. Endang Ahmad Hidayat (PKS).

(Dapil 6) Muhrodin Susilawan (PAN), H. Jajang Ismail (PPP), Sutarya (PKB), Ade Ruminah (Golkar), Ida Nurlaela (PDIP), Syarif Haerul Anwar (Demokrat).

(Dapil 5) Iwan Mohamad Ridwan, S.Pd., M.Pd, Asep Noordin, Sri Rahayu, S.Sos, Erma Bastaman, Hj. Hesti mulyati, S.Pd, (PDIP), Taufik Martin, Drs. Tudi Hermanto, Drs. Jajang Mustofa, (Golkar), H. Ino Darsono, Imang Wardiman, Alip Suhendi, Nia Sumiasari (PAN), Jalaludin, S.Ag, Ngisom (PKB), H. Endang Ahmad Hidayat, Solihudin, S.IP (PKS), Devi Dhamayanti (Nasdem), S. Buntoro (Demokrat),  H. Asikin, S.Ag (PPP).

(Dapil 6) Muhrodin Susilawan, Adang Sudirman, Yen Yen Widiani, SH. (PAN), H. Jajang Ismail, Wowo Kustiwa (PPP), Sutarya, H. Anwar (PKB), Drs. H. Toto Suherman Heryana, MM, Ade Ruminah (Golkar), Ida Nurlaela, Deni Kusnani, Ucup Supriatna (PDIP), Yusup Tajiri (PKS), Syarif Haerul Anwar (Demokrat), H.Idi Supriadi S,Pd (Gerindra), Uce Hasid, SIP (Nasdem). (DSW/Bgj/Koran-HR)

Loading...