Minggu, Mei 22, 2022
BerandaBerita CiamisBanyak Pedagang Ikan di Ciamis Tidak Tempati Kios di Pasar Terpadu

Banyak Pedagang Ikan di Ciamis Tidak Tempati Kios di Pasar Terpadu

Foto: Ilustrasi

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Meski Pemkab Ciamis sudah membangun Pasar Ikan Terpadu di komplek Pasar Manis Ciamis, namun tidak membuat seluruh pedagang ikan berjualan di tempat tersebut. Saat ini masih banyak pedagang ikan di Pasar Manis yang masih berjualan di sembarang tempat.

Kondisi itu tampaknya dikeluhkan pedagang ikan yang sudah menempati jongko di blok Pasar Ikan Terpadu. Pasalnya, dengan kondisi seperti ini, membuat pedagang ikan yang masih berjualan di sembarang tempat bisa leluasa di jangkau oleh pembeli, karena berada di dalam pasar yang tentunya ramai pembeli.

“Terus terang saja, kami yang sudah pindah ke tempat ini (pasar terpadu) membuat banyak kehilangan pelanggan. Karena pelanggan kami enggan datang ke sini karena jaraknya jauh dari blok sayuran. Mereka lebih memilih membeli ikan yang masih berjualan di dalam pasar, karena jaraknya dekat,” ungkap Yati Suryati, pedagang ikan di Pasar Ikan Terpadu Ciamis, akhir pekan lalu.

Yati pun meminta ketegasan Pemkab Ciamis agar segera merelokasi semua pedagang ikan yang masih berjualan di sembarang tempat. ” Kita minta semua pedagang ikan dipusatkan di sini. Hal itu agar tidak merugikan pedagang yang sudah mau direlokasi di pasar terpadu,” katanya.

Hal senada dikatakan Sumi, pedagang ikan laut di pasar terpadu. Dia mengatakan, Pemkab terkesan membiarkan pedagang ikan masih berjualan di tempat sembarang. Padahal, saat sosialisasi relokasi  beberapa waktu lalu, Pemkab menyatakan bahwa seluruh pedagang ikan harus pindah dan ditempatkan di Pasar Ikan Terpadu.

“Tapi, kenyataannya malah seperti ini. Pemkab juga tidak berbuat banyak ketika masih ada pedagang yang membandel,” ujarnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Badan Penyuluh Pertanian Perikanan dan Perkebunan (BP4K) Kabupaten Ciamis, Sutriaman, mengaku kecewa menyusul masih banyaknya pedagang ikan yang masih membendel. Dia mengatakan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Dinas Peternakan dan Perikanan dan Satpol PP Ciamis, agar seluruh pedagang ikan bisa seluruhnya menempati Pasar Terpadu.

“Pemkab membangun Pasar Ikan Terpadu mengingat Ciamis ini sebagai daerah penghasil ikan tawar terbesar di Jawa Barat. Nah, dengan didirikannya pasar terpadu, agar terjadi perputaran uang di Pasar Ciamis dari adanya penjualan ikan. Jadi, pembeli dari luar daerah bertransaksi di pasar dan tidak langsung datang ke petani ikan,” ungkapnya. (Her/R2/HR-Online)

- Advertisment -