Benarkah? Minum Kopi Dapat Mencegah Penyakit Mata

Foto: Ilustrasi

Info kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Apakah benar dengan rutin meminum kopi dapat membantu mencegah penyakit mata? Sebuah studi gabungan Korea Selatan dan Amerika telah melakukan penelitian terhadap manfaat kopi untuk kesehatan mata.

Hasil penelitian itu menyebutkan bahwa antioksidan kuat yang ditemukan dalam kandungan kopi dapat berperan dalam mencegah penyakit mata terkait usia dan juga untuk ketajaman mata.

Dalam penelitiannya, para pakar melihat efek dari asam chologenic atau CLA. Pada penelitian tersebut para pakar menggunakan tikus sebagai obyek percobaan. Hasilnya, ternyata terbukti retina tikus percobaan menjadi lebih jernih.

Seperti dilansir Nydailynews, penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculturual and Food Chemistry itu berisi kesimpulan terbaru yang memuji manfaat kandungan kopi bagi kesehatan mata.

Sebelumnya, sebuah studi berskala besar lain  pernah dilakukan oleh AS. Penelitian tersebut diterbitkan dalam jurnal European Association for the Study of Diabetes.

Pada jurnal itu disebutkan bahwa orang yang minum kopi minimal tiga kali sehari memiliki resiko terkena diabetes yang rendah. Sekitar 2-37 persen dari mereka yang mengkonsumsi satu cangkir atau kurang perhari.

Penelitian tersebut melibatkan 95.000 perempuan dan 28.000 laki-laki yang gemar minum kopi. (Net/R2/HR-Online)