Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita BanjarBerkah TMMD, Sinartanjung Terima Bantuan Fisik Rp.547 Juta

Berkah TMMD, Sinartanjung Terima Bantuan Fisik Rp.547 Juta

Lokasi pembuatan jalan dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-92 Tahun 2014di wilayah Dusun Pananjung, Desa Sinartanjung, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar. Photo: Nanang Supendi/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Berkah atas kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-92 Tahun 2014, Desa Sinartanjung, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, mendapat bantuan pembangunan fisik senilai Rp.547 juta.

Hal tersebut dikatakan Kepala Desa Sinartanjung, Suwarman, kepada HR, Selasa (20/05/2014), saat melaksanakan gladi resik pembukaan TMMD di Lapangan Sepakbola Desa Sinartanjung. Acara pembukaan kegiatan tersebut dilaksanakan Rabu, 21 Mei 2014 (hari ini/Red).

Menurut Suwarman, dalam Program TMMD di Desa Sinartanjung rencananya akan melaksanakan pembangunan proyek fisik berupa pengaspalan jalan sepanjang 900 meter di wilayah Dusun Pananjung.

Di tempat terpisah, Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat, Kesatuan Bangsa dan Politik (KPMKBP) Kota Banjar, Wawan Gunawan, SP., M.Si., didamping Kasi. Pemberdayaan Masyarakat, Nurrohman, mengatakan, Program TMMD merupakan bentuk variabel pola pendekatan pembangunan, dan terminologi kebijakan pembangunan. Program tersebut berkaitan erat dengan pelaksanaan peningkatan pembangunan masyarakat, yang pada umumnya bermukim di pedesaan.

Menurut Wawan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya membantu akselerasi pembangunan di desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, juga upaya memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dalam rangka mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

“Keberhasilan Program TMMD sangat ditentukan oleh kerjasama yang erat dari semua pihak, dan partisipasi aktif dari seluruh komponen masyarakat, terutama warga Desa Sinartanjung yang didukung aparat desa,” kata Wawan.

Dengan kata lain, keberhasilan Program TMMD dapat berjalan sukses manakala masyarakat dan TNI bersatu, bergotong royong dalam mengerjakan pekerjaan fisik maupun non fisik, sebagaimana yang telah direncanakan. Sehingga, tercapainya program ini akan menjadi bukti Manunggalnya masyarakat dengan TNI.

Kasi. Pemberdayaan Masyarakat Kantor PMKBP Kota Banjar, Nurrohman, menambahkan, beberapa proyek fisik yang dibangun oleh TNI pada kegiatan tersebut diantaranya, pembuatan jalan desa sepanjang 900 meter dengan lebar 3 meter.

Pada tahap pertama akan mengerjakan pembentukan badan jalan, tahap kedua pengetapan dan pengerasan jalan, tahap ketiga pengaspalan jalan sekaligus pembangunan drainasenya sepanjang 1.800 meter. Kemudian rehab 10 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), serta pembangunan 5 unit MCK.

“Dari seluruh kegiatan itu, dana yang dikeluarkan sebesar Rp. 547 juta, diantaranya Rp. 467 juta berasal dari APBD Kota, dan Rp.80 juta dari APBD Provinsi Jabar,” pungkas Nurrohman. (Nanks/Koran-HR)

- Advertisment -