Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita CiamisBupati Ciamis Tidak Ingin Ada Anak Putus Sekolah

Bupati Ciamis Tidak Ingin Ada Anak Putus Sekolah

Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Bupati Ciamis H. Iing Syam Arifin menyatakan tidak ingin mendapati adanya anak putus sekolah di Ciamis. Menurut dia, pendidikan sangat penting karena menunjang terhadap kemajuan daerah dan bangsa.

“Saya ingin semua anak di Ciamis bisa terus bersekolah. Karena dari pendidikan, bisa melahirkan generasi bangsa yang nantinya akan membawa kemajuan baik bagi keluarganya maupun bangsa dan daerah,” ungkapnya, Senin (19/5/2014).

Iing meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ciamis memberikan pengertian kepada masyarakat (orang tua siswa), tentang betapa pentingnya ‘Wajar Dikdas’ sembilan tahun.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ciamis, H. Tatang, ketika ditemui HR, Senin (19//2014), mengatakan, berkaitan dengan itu pihaknya terus menghimbau Kepala Sekolah dan UPTD Pendidikan.

“Pengertian tentang pentingnya pendidikan terus kami sampaikan. Tujuannya supaya tidak ada lulusan SD yang berhenti melanjutkan sekolah,” ungkapnya.

Diakui Tatang, banyak program bantuan dari pemerintah, baik pusat ataupun propinsi yang berpihak pada dunia pendidikan. Khususnya membantu biaya sekolah bagi anak-anak kurang mampu, mulai dari tingkatan SD sampai SMA. Diantaranya program BSM dan BOS.

Tatang meminta, orang tua siswa tidak menghalangi dan melarang anak yang ingin melanjutkan sekolah, apalagi dengan alasan masalah faktor ekonomi. Sebab, pemerintah sudah menyiapkan bantuan agar anak-anak bisa melanjutkan sekolah.

Dia menambahkan, sampai saat ini masih ada orang tua yang kurang mengerti arti pentingnya pendidikan bagi anak. Tidak jarang, anak yang baru lulus SD disuruh langsung bekerja ketimbang melanjutkan sekolah.

“Saya harap di tahun 2014, anak yang lulus SD bisa terus melanjutkan sekolah. Masalah faktor ekonomi tidak bisa dijadikan alasan,” ujarnya. (es/Koran-HR)

- Advertisment -