Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita CiamisCaleg Terpilih ‘Muka Baru’ di Ciamis Harus Mau Kerja Keras

Caleg Terpilih ‘Muka Baru’ di Ciamis Harus Mau Kerja Keras

Foto: Ilustrasi

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Beberapa Caleg terpilih yang akan duduk di DPRD Kabupaten Ciamis merupakan muka baru. Bisa dibilang, posisinya sebagai anggota legislatif masih menjadi dunia baru baginya. Karenanya, mereka belum memiliki pengalaman untuk duduk sebagai wakil rakyat.

Pengamat Politik yang juga Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Galuh, Aan Anwar Sihabudin, pekan lalu, menilai, ‘muka baru’ yang duduk di Legislatif harus mau bekerja keras untuk bisa membuktikan kepada rakyat bahwa dirinya layak untuk bisa mengemban amanah.

Menurut Aan, dalam pembuktian tersebut, para muka baru ini membutuhkan proses yang sangat panjang terutama dalam adaptasi. ”Setiap anggota Legislatif tentunya membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Karena memiliki tanggungjawab strategis menentukan kebijakan. Pemahaman tentang ilmu ketatanegaraan snagat diperlukan,” ujarnya.

Aan berharap, anggota legislatif yang baru, bisa meningkatkan kapasitas keilmuannya. Salah satunya dengan memperkaya ilmu politik dan pemerintahan. Dan hal itu hanya bisa didapat dari bangku kuliah (formal).

Namun demikian, kata Aan, muka baru ini juga perlu mendapat bimbingan dari anggota senior yang sarat dengan pengalaman. ”Kedepan, caleg yang akan maju ke parlemen wajib memiliki pengetahuan ilmu pemerintahan. Ini tanggung jawab partai politik,” tuturnya.

Dia juga menyarankan, untuk mencetak atau merekrut politisi (kader) baru atau Caleg, Parpol sebaiknya bekerjasama dengan perguruan tinggi. Sistem kaderisasi Parpol perlu dibenahi agar kader-kader partai yang nanti akan duduk di parlemen bisa bekerja maksimal demi pembangunan bangsa. (dsw/Koran-HR)

- Advertisment -