Kamis, Mei 26, 2022
BerandaBerita CiamisCiamis Lolos Ikuti Pasanggiri Tingkat Propinsi

Ciamis Lolos Ikuti Pasanggiri Tingkat Propinsi

Trophy penghargaan yang berhasil diraih Kabupaten Ciamis. Photo : Dian Sholeh WP/ HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kabupaten Ciamis rencananya akan mewakili Priangan, untuk mengikuti Pasanggiri tingkat Propinsi Jawa Barat (Jabar) yang akan digelar di Bandung. Pasalnya, Ciamis berhasil meraih prestasi membanggakan dalam lomba pentas pasanggiri se-Priangan I, yang meliputi Kabupaten Garut, Tasik, Ciamis, Pangandaran, Kota Banjar, dan Tasik.  

Dari tiga materi seni yang diperlombakan, Seni Tari, Musik dan Teater, Ciamis berhasil menyabet lima penghargaan sekaligus. Penghargaan itu diantaranya, kategori Penata Tari Terbaik atas nama Rachmawati Nilakusumah dan Penata Musik Terbaik atas nama Cucu Muharam.

Sementara dari seni Teater, berhasil memborong seluruh kategori. Selain sebagai Penyaji atau Penampil Teater Terbaik, juga Sutradara Terbaik atas nama Noer JM, dan Pemain Terbaik atas nama Dewi Tri Martina yang memerankan Dewi Samboja.

Ketua Pelaksana, sekaligus penanggungjawab Tim Ciamis, H. Dedi Koesmana, S.Pd, Selasa (20/5/2014), merasa terharu dan gembira dengan prestasi yang diperoleh. Ciamis memborong lima dari sembilan kategori pada Pasanggiri Tari, Musik dan Teater se-wilayah Priangan 1.

Dedi mengaku sangat berterimakasih kepada seluruh pendukung tim atas totalitasnya dalam mengikuti pasanggiri. Perolehan prestasi tersebut tidak terlepas dari kerjakeras dan kerjasama tim yang solid.

”Persiapan mengikuti even ini tidak asal-asalan. Kami terus memantau langsung para kontingen ketika menggelar latihan,” tuturnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ciamis, H. Tatang S.Ag.,M.Pd., Selasa (20/5/2014), mengatakan, raihan prestasi tersebut jangan sampai berhenti di pentas saja. Akan tetapi bisa terus diaplikasikan di masyarakat.

Tatang menuturkan, Bidang Kebudayaan merupakan bidang baru. Terhitung 2 Januari 2014, berada di bawah Disdik, menyusul berubahnya nomenklatur menjadi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Sebelumnya, Bidang ini berada di Dinas Pariwisata, yang kini berganti nama menjadi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Namun dengan bangga bisa mempersembahkan yang terbaik untuk membawa nama Kabupaten Ciamis.

”Kami berharap hasil ini bisa diimplementasikan di lapangan. Karena selama ini banyak yang jadi juara, tapi implementasi di lapangannya masih kurang. Dan Nilai-nilai  seninya juga harus ditingkatkan dan diimplementasikan,” ujarnya.

Dia berpesan, tim yang akan mewakili Ciamis agar terus melakukan latihan, untuk persiapan pasanggiri tingkat propinsi. Agar menjadi juara di propinsi, dan menjadi juara dalam berprilaku di masyarakat.

Salah satu peserta yang mendapatkan penghargaan dari kategori teater terbaik, Dewi Tri Martina, mengaku , sangat senang dan bangga atas prestasi diraihnya kali ini. ”Saya akan terus berlatih dan memberikan yang terbaik untuk Ciamis. semoga saja nanti pentas di Jabar saya bisa lagi menjadi yang terbaik. Mohon doa dan dukungannya saja,” pungkasnya. (DSW/Koran-HR)

- Advertisment -