Jumat, Mei 27, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariDi Banjarsari Tanggul Longsor, Akses Ciamis-Pangandaran Terganggu

Di Banjarsari Tanggul Longsor, Akses Ciamis-Pangandaran Terganggu

Tanggul penghubung dua wilayah jebol. Kini, aktifitas perekonomian warga pun terganggu. Photo : Entang Saeful Rachman/HR

Banjarsari, (harapanrakyat.com),-

Akibat hujan yang menguyur wilayah Kabupaten Ciamis, tepatnya di Desa Ciulu, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengakibatkan sebuah tanggul mengalami longsor, Senin (19/5/2014).

Gara-gara longsor, tanggul yang sekaligus sebagai jalan penghubung antara Kabupaten Ciamis dan Pangandaran ini tak bisa lagi dilalui kendaraan. Longsor dengan ketinggian sekitar 7 meter dan tebal 3 meter ini ambruk ke bantaran sungai Ciulu.

Saat ini, warga terpaksa memblokir akses jalan tersebut dengan menggunakan bilah bambu. Peristiwa longsor ini terjadi Senin (19/5/2014), sekitar pukul 20.00 WIB. Akibat kejadian ini, akses jalan menuju ke Pangandaran ataupun sebaliknya kini terganggu. Warga yang ingin pergi ke tujuan, terpaksa harus memutar arath, sejauh 8 kilo meter.

Jubaedah, warga setempat, mengatakan, longsor ini membuat warga panik. Pasalnya, ambruknya material longsor terdengar keras dan sempat menimbulkan getaran seperti gempa. Warga pun berhamburan ke luar rumah. Longsor juga mengancam puluhan rumah warga yang ada di sekitar lokasi kejadian.

Kini, warga berharap pemerintah segera memperbaiki tanggul jalan penghubung dua kabupaten tersebut. Mereka menilai, jalan itu merupakan jantung roda perekonomian warga di kedua wilayah. (Ntang/Koran-HR)

- Advertisment -