Kamis, Mei 26, 2022
BerandaBerita CiamisDisdik Ciamis: Jangan Ada Aksi Ugal-ugalan Saat Kelulusan UN

Disdik Ciamis: Jangan Ada Aksi Ugal-ugalan Saat Kelulusan UN

Foto: Ilustrasi

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kelulusan UN (Ujian Nasional) tingkat SMA/SMK/MA, rencananya akan diumumkan Selasa (20/05/2014). Di Kabupaten Ciamis, Dinas Pendidikan setempat sudah melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian agar saat pelaksanaan kelulusan nanti tidak terjadi aksi ugal-ugalan di jalanan yang dilakukan oleh siswa yang lulus.

Kabid Dikmen Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ciamis, Totong, mengungkapkan, pihaknya sudah melayangkan surat ke pihak kepolisian sebagai bentuk koordinasi agar pada saat kelulusan UN bisa berjalan kondusif.

“Yang kami khawatirkan saat kelulusan nanti masih terjadi konvoi kendaraan yang dilakukan oleh siswa yang lulus. Kami juga khawatir siswa melakukan perayaan kelulusannya dengan aksi ugal-ugalan di jalanan, sehingga membahayakan nyawa mereka,“ terangnya, kepada HR, di ruang kerjanya, Rabu (14/05/2014).

Untuk teknis pengumuman kelulusan, apakah akan melalui pos atau dengan pemanggilan orang tua siswa yang diundang ke sekolah, menurut Totong, hal itu diserahkan ke sekolah masing-masing. “Yang penting bisa berjalan lancar dan kondusif,” imbuhnya.

Totong juga meminta pihak sekolah agar bisa mencegah siswanya melakukan konvoi kendaraan dan aksi corat coret seragam sekolah. “ Kalau bisa pihak sekolah memberi pembinaan kepada siswanya agar seragam sekolahnya disumbangkan ke adik kelasnya yang tidak mampu. Bila perlu pihak sekolah yang mengkoordinir penggalangan sumbangan seragam tersebut, “ ungkapnya.

Dihubungi terpisah, Ketua MKKS SMA, DR H. Endang Rachmat, mengatakan, terkait teknis kelulusan nanti, apakah penyerahan surat kelulusan akan melalui pos, orang tua, atau peserta didik langsung yang mengambil ke sekolah, hingga saat ini belum bisa diputuskan.

“Kami akan menggelar rapat dulu dengan seluruh kepala sekolah untuk membahas teknis kelulusan UN. Intinya, kami menginginkan pelaksanaan kelulusan nanti bisa berjalan kondusif,” ujarnya. (DSW/R2/HR-Online)

- Advertisment -