Kamis, Mei 19, 2022
BerandaBerita Terbaru6 Kontingen Kabupaten/Kota Meriahkan Pasangiri Priangan 2014

6 Kontingen Kabupaten/Kota Meriahkan Pasangiri Priangan 2014

Wakil Gubernur Jabar, Deddy Mizwar, saat menghadiri Festival Pasangiri Tari, Musik/Karawitan, dan Teater yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat, di Kabupaten Garut, Sabtu  (17/05/2014). Foto: Hermanto/HR

Garut, (harapanrakyat.com),-

Sebanyak enam kontingen kabupaten/kota mengikuti Festival Pasangiri Tari, Musik/Karawitan, dan Teater yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat, di Kabupaten Garut, Sabtu  (17/05/2014).

Keenam kontingen yang mengikuti kegiatan tersebut meliputi wilayah Priangan 1 adalah Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, dan Kabupaten Garut sebagai tuan rumah.

Acara yang bertempat di halaman Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan (BKPP) Kabupaten Garut ini pun dihadiri Wakil Gurbernur Jawa Barat H. Deddy Mizwar beserta para inohong seniman Jabar. Tak pelak, acara pun menjadi lebih meriah.

Dari keenam kontingen, masing-masing peserta menunjukkan kebolehannya dengan mengemas dan menampilkan jenis kesenian yang dibawakannya dengan sangat menarik, sehingga masyarakat yang menyaksikan acara tersebut dibikin terpukau.

Kabid Kesenian dan Film Disparbud Provinsi Jabar, Sajidin Aries, mengatakan, kegiatan ini dispesifikasikan kepada materi Tari, Musik, dan Teater. Hal ini menurutnya untuk pengembangan, pemberdayaan, dan pemanfaatan yang tersebar di seluruh kabupaten/ kota di Jawa Barat.

“Intinya adalah dari aspek pendataan sekaligus kami untuk tahu kemampuan seniman yang ada di kabupaten/kota, khususnya remaja supaya lebih meningkatkan lagi apresiasinya dalam berkesenian,”ujarnya, kepada HR, disela-sela kegiatan.

Ia pun menambahkan, dalam kegiatan ini selain menjalin silaturahmi dengan para seniman, juga menjadi ajang kompetitif yang nantinya akan berakhir di tingkat provinsi untuk kegiatan hari jadi Provinsi Jawa Barat.

Wakil Gurbernur Jawa Barat H. Deddy Mizwar, menuturkan, kegiatan ini untuk melestarikan, mengembangkan, serta memanfaatkan seni dan budaya yang beraneka ragam di Jawa Barat. Masih kata Dedi, dirinya sangat bangga dengan para peserta yang rata-rata masih muda.

“Kegiatan ini tidak hanya untuk mencari juara, namun yang lebih penting adalah  pelestarian dan kreativitas seni, apalagi rata-rata pesertanya masih muda dan mau belajar tentang seni tradisinya, khususnya seni yang ada di Jawa Barat,”tuturnya.

Dedi berharap semoga para seniman-seniman muda dapat menjadi regenerasi agar selalu mencintai seni tradisional Jawa Barat. (Hermanto/R2/HR-Online)

- Advertisment -