Kamis, Mei 26, 2022
BerandaBerita CiamisJembatan Cimarongpong di Ciamis Dibiarkan Nyaris Putus

Jembatan Cimarongpong di Ciamis Dibiarkan Nyaris Putus

Jembatan Cimarongpong, Dusun Cibodas, Desa Kujang, Kecamatan Cikoneng, nyaris putus. Saat ini, jembatan itu hanya bisa dilewati kendaraan roda dua. Photo : Eji Darsono/ HR

Cikoneng, (harapanrakyat.com),-

Jembatan Cimarongpong yang menghubungkan akses jalan antar Desa Kujang dan Desa Cimari, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, sudah hampir lebih dari setahun ini terkesan dibiarkan dan saat ini kondisinya nyaris putus. Pasalnya, bagian pondasi jembatan ini sudah ambrol sejak lama. Bahkan, jembatan tersebut tidak bisa lagi dilalui kendaraan roda empat.

Hadis (65), tokoh masyarakat dari Dusun Cibodas, Desa Kujang, beberapa waktu lalu, mengatakan, jembatan penghubung antar desa itu hanya bisa dilewati kendaraan roda dua. Akibat talud jembatan ambrol, badan jalan jembatan menyempit.

“Jembatan itu merupakan akses vital yang banyak dilalui warga dari berbagai wilayah,” ucapnya, pekan lalu.

Mimin, warga setempat, mengakui, kerusakan jembatan sudah terjadi sejak satu tahun silam. Sayangnya, akses yang juga digunakan sebagai jakur pertanian ini belu juga mendapat perhatian dari pemerintah.

“Pengendara roda dua terpaksa harus exstra waspada dan hati-hati bila ingin melewatinya,” katanya, pekan lalu.

Dedi, (45) warga Dusun Cintaharja, menjelaskan, setiap harinya jembatan Cimarongpong dilewati ratusan orang yang kebanyakan warga Desa Kujang, Cimari dan Nasol, bahkan dari Kecamatan Sadananya.

“Diantaranya pelajar, pedagang dan pegawai. Kebanyakan dari mereka naik sepeda motor. Jika jembatan ini putus, setidaknya para pengguna jalan harus berputar mencari jalan alternatif,” ujarnya, pekan lalu.

Menurut Dedi, bila jembatan Cimarongping sampai terputus, aktifitas warga sehari-hari akan terganggu. Untuk itu, dia berharap Pemkab Ciamis mengagendakan perbaikan untuk jembatan tersebut. (dji/Koran-HR)

- Advertisment -