Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaBerita CiamisMeski Dibilang Telat, Penataan Kota Ciamis Mulai Dilakukan

Meski Dibilang Telat, Penataan Kota Ciamis Mulai Dilakukan

Salah satu titik di taman alun-alun Ciamis yang dipasangi lampus hias. Photo : Eli Suherli/ HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dinas Ciptakarya Tataruang dan Kebersihan Kabupaten Ciamis mulai melakukan pemasangan lampu hias di sejumlah titik, seperti taman dan batas kota. Hal itu dilakukan dalam rangka wujud penataan perkotaan.

Kepala Dinas Ciptakarya Tataruang dan Kebersihan, H. Oman, ketika ditemui HR, Senin (13/5/2014), membenarkan upaya memperindah dan menata kota. Pihaknya juga ingin menunjukkan kepada warga Ciamis dan warga dari luar, tentang keindahan kota Ciamis.

“Selama ini, pusat-pusat yang dianggap penting, sepertihalnya batas kota, tugu-tugu, pertigaan jalan dan alun-alun belum ditata dengan baik. Dengan dipasangnya lampu hias, kini terlihat ada perbedaan yang mencolok,” ungkapnya.

Diakui Oman, masih banyak titik tempat di wilayah perkotaan Ciamis yang masih kondisinya gelap. Hal itu karena kurang penataan, terutama pemasangan lampu taman. Tapi mulai sekarang, pemerintah secara perlahan menatanya.

Oman menuturkan, lampu hias berbentuk selang sudah dipasang di sejumlah tempat, diantaranya di pertigaan jalan Hotel Tyara, median jalan kawasan alun-alun Ciamis, batas kota dan di tengan taman raflesia.

Kepala Bidang Pertamanan dan Kebersihan, Ir. Rahlan Suryadinata, mengatakan, pemasangan lampu hias di titik-titik perbatasan dan pusat kota merupakan program penataan kawasan kota.

“Selain penatan taman dan kebersihan taman, supaya lebih bagus lagi, kita berikan penerangan dengan menggunakan lampu hias selang, sehingga taman menjadi bagus ketika dikunjungi malam hari,” jelasnya.

Rahlan berharap, upaya pihaknya itu mendapatkan penilaian dan apresiasai yang baik dari semua unsur masyarakat. Sebab, hal itu semata-mata untuk mewujudkan penataan kota Ciamis yang lebih baik.

Anggota DPRD Ciamis, Dadang Kusmayadi, mengungkapkan, seharusnya penataand an pemasangan lampu hias di kawasan alun-alun Ciamis, dilakukan sejak dulu oleh Dinas Ciptakarya Tataruang dan Kebersihan.

“Meski terlambat, akan tetapi ini merupakan suatu perubahan yang bagus,” katanya.

Dadang berharap, penataan itu tidak hanya dilakukan di wilayah perkotaan saja, melainkan taman alun-alun yang ada di setiap kecamatan. “Kami akan sangat mendukung upaya Dinas Ciptakarya tersebut,” pungkasnya. (es/Koran-HR)

- Advertisment -